Laporan Soal Habib Rizieq Ancam Bunuh Pendeta Mulai Diperiksa

0
517
Laporan Soal Habib Rizieq Ancam Bunuh Pendeta Mulai Diperiksa

Liputan1.com-Laporan Soal Habib Rizieq Ancam Bunuh Pendeta Mulai Diperiksa

Bareskrim Polri telah menjadwalkan untuk melakukan pemeriksaan terhadap pendeta Max Evert Ibrahim Tangkudung hari ini, Jumat (3/3) terkait laporan Habib Rizieq Shihab.

Rizieq Shihab dilaporkan karena mengancam pembunuhan terhadap pendeta dalam video yang tersebar. Petrus Salestinus selaku kuasa hukum Max mengatakan, kliennya akan datang ke Bareskrim pukul 12.00. “Benar, Pak Max diperiksa sebagai saksi pelapor. Beliau mengonfirmasi hadir,” kata Petrus.

Menurut Petrus, kliennya sudah mempersiapkan sejumlah jawaban seputar peristiwa ancaman pembunuhan terhadap pendeta, lokasi kejadian, dan waktu kejadiannya.

“Sudah disiapkan semua, mulai dari locus dan tempus. Termasuk prosesnya, bagaimana ancaman itu terjadi,” terang dia.

Pria yang juga menjabat Ketua Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI) menjelaskan, sebelumnya pihaknya sempat melaporkan hal ini ke Polda Metro Jaya. Namun, laporan ditolak lantaran tempat kejadiannya diduga bukan berada di Jakarta.

“Kami diarahkan ke Bareskrim. Semoga di Bareskrim, yang memiliki kewenangan luas, Rizieq bisa segera diproses hukum,” ujar Petrus.

Pelaporan ini terkait dengan ancaman pembunuhan yang dilontarkan Rizieq dalam sebuah orasi tahun lalu. Saat itu, Rizieq menyinggung soal insiden Tolikara, Papua dan diunggah ke media sosial Youtube.

Akibatnya, Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) tersebut dijerat pasal 156 KUHP jo. Pasal 45 a UU ITE Nomor 19 Tahun 2016 tentang ujaran kebencian dengan menggunakan informasi elektronik. Laporan perkara tersebut terigister dalam laporan polisi bernomor LP/93/2017/Bareskrim, tanggal 26 Januari 2017.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here