M Hatta Ali Diambil Sumpah Sebagai Ketua MA

0
572
M Hatta Ali Diambil Sumpah Sebagai Ketua MA

Liputan1.com-M Hatta Ali Diambil Sumpah Sebagai Ketua MA

Ketua Mahkamah Agung (MA) terpilih, M Hatta Ali, resmi dilantik hari ini. Hatta Ali yang kembali menjabat sebagai ketua MA periode 2017-2022 ini diambil sumpahnya di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (1/3).

Hatta Ali dilantik berdasarkan Keppres No 28/P tahun 2017 tentang pemberhentian dan pengangkatan Ketua Mahkamah Agung.

Prosesi pengambilan sumpah jabatan dilakukan di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Rabu (1/3/2017). Sejumlah menteri, kepala lembaga, dan pejabat negara lainnya hadir dalam acara ini.

Presiden Jokowi kemudian mengambil sumpah Hatta Ali.

“Demi Allah saya bersumpah, akan menjalankan tugas sebagai Ketua Mahkamah Agung dengan sebaik-baiknya, dan menjalankan segala peraturan perundangan dengan selurusnya menurut UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” ucap Hatta Ali dengan suara bergetar disaksikan Jokowi.

Sejumlah pejabat negara tampak hadir dalam acara pengambilan sumpah hakim MA ini. Di antaranya yakni Ketua MK Arief Hidayat, Ketua DPR Setya Novanto, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPD Mohammad Saleh, Ketua KY Aidul Fitriciada Azhari, serta Ketua BPK Harry Azhar Azis.

Selain itu tampak hadir juga Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Gatot Nurmantyo, dan menteri jajaran Kabinet Kerja.

Hatta Ali sebagai calon incumbent berhasil merebut 38 suara dari 47 hakim agung yang ikut pemilihan. Proses pemilihan digelar di Gedung MA, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Selasa (14/2).

Berikut ini perolehan suara pemilihan Ketua MA:

– Hakim Agung Hatta Ali 38 suara
– Hakim Agung Andi Samsan 7 suara
– Hakim Agung Suhadi 1 suara
– Hakim Agung Mukti Arto 1 suara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here