Hasil Quick Count Pilkada DKI Jakarta

0
679

Liputan1.com-Hasil Quick Count Pilkada DKI Jakarta

Pasangan petahana, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat masih melenggeng mulus mengungguli dua rival politiknya pada hasil sementara quick  count di Pilgub DKI 2017. Dari total suara yang masuk 73,71 persen hingga pukul 16.00 WIB, empat lembaga survei menunjukkan perolehan suara Ahok-Djarot di kisaran 44 persen, unggul sekitar 5 persen dari pesaing terdekatnya Anies Baswedan-Sandiaga Uno yang berada di angka 39,34 persen.

Adapun pasangan nomor urut 1 Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni tercecer jauh di bawah dengan raihan 16,62 persen suara. Hasil tersebut tergambar dari quick count Lingkaran Survei Indonesia Denny JA.

Quick count dari lembaga Vox Pol Indonesia dan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC).
juga menunjukkan hasil yang nyaris serupa pada jam yang sama. Hitung cepat dari SMRC misalnya, menempatkan Ahok-Djarot di posisi puncak dengan 43,29 persen, diikuti Anies-Sandi 39,71 persen dan Agus-Sylvi meraih 17 persen suara, dengan total suara masuk 64 persen.

Sedangkan hitung cepat dari Vox Pol pada jam yang sama mencerminkan persaingan ketat antara Ahok-Djarot dan Anies-Sandiaga. Ahok-Djarot mendapat suara terbanyak dengan jumlah 42,08 persen, ditempel ketat oleh Anies-Sandi yang meraih 41,08 persen dengan total suara masuk 73,57 persen. Dengan kata lain, kedua pasangan calon itu hanya berselisih satu persen suara.

Terakhir, hasil real count dari Litbang Kompas menunjukkan Ahok-Djarot 43,12 persen suara, diikuti Anies-Sandi yang meraih 39,43 persen dan Agus-Sylvi yang meraih 17,45 persen. Hitungan itu berdasarkan 48,5 persen sampel suara sah yang telah masuk.

Hanya satu lembaga yakni Polmark Indonesia yang menunjukkan hasil quick count yang cokup kontras dari empat lembaga tadi. Hingga pukul 16.09 WIB, Polmark Indonesia masih menempatkan Anies-Sandiaga di posisi teratas dengan 40,98 persen suara.

Dari total suara masuk sebesar 75,5 persen suara,p asangan nomor urut 3 itu ditempel ketat pasangan incumbent Ahok-Djarot yang meraih 40,95 persen suara dan Agus-Sylvi mendapat 18.08 persen suara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here