Hasil Quick Count Pilkada Banten 2017, Rano Karno-Embay Tertinggal

0
1127

Liputan1.com-Hasil Quick Count Pilkada Banten 2017, Rano Karno-Embay Tertinggal

Pasangan Calon Gubernur Rano Karno Embay Mulya Syarif mulai tertinggal dari Wahidin Halim-Andika Hazrumy menurut quick count Indikator yang ditayangkan stasiun televisi TV One pada pukul 13.44 WIB.

Wahidin-Andika unggul tipis dengan perolehan suara 50.53 persen berbanding 49.47 persen dari total 9.33 persen suara yang masuk.

Peta Persaingan Pilgub Banten 2017 Pasangan Wahidin Halim-Andika Hazrumy akan bersaing dengan calon inkumben, Rano Karno, yang berpasangan dengan Embay Mulya Syarif.

Lima tahun lalu, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Partai Golongan Karya bekerja sama mengusung pasangan Atut Chosiyah-Rano Karno.

Namun kini mereka pecah kongsi.

Di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Banten, PDIP dan Golkar masing-masing memiliki 15 kursi. Pasangan Wahidin-Andika didukung Golkar, yang memiliki 15 kursi di DPRD, Partai Gerakan Indonesia Raya (10 kursi), Partai Demokrat (8 kursi), Partai Keadilan Sejahtera (8 kursi), Partai Kebangkitan Bangsa (7 kursi), Partai Hati Nurani Rakyat (6 kursi), dan Partai Amanat Nasional (3 kursi). Total, pasangan itu didukung 57 kursi di DPRD.

Sedangkan duet Rano-Embay disokong PDIP dengan 15 kursi, Partai Persatuan Pembangunan (8 kursi), dan Partai NasDem (5 kursi). Mereka total didukung 28 kursi di DPRD.

Dari peta kekuatan, setiap pasangan calon punya pengaruh di Banten. Sebelum menjadi gubernur, Rano Karno adalah mantan Wakil Bupati Tangerang (2008-2013). Wakilnya, Embay Mulya Syarif, adalah tokoh besar di Banten.

Sedangkan Wahidin Halim pernah menjabat Wali Kota Tangerang (2003-2013). Andika, wakil Wahidin, adalah anak Atut Chosiyah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here