Ahok Sudah Diadili, Tidak Ada Alasan untuk Gelar Aksi

0
695

Liputan1.com-Ahok Sudah Diadili, Tidak Ada Alasan untuk Gelar Aksi

Forum Umat Islam (FUI) kembali menyerukan kepada umat islam untuk mengikuti aksi yang diberi tema “Long March Jalan Sehat #Spirit 212 Tegakkan Al Maidah 51” pada Sabtu 11 Februari mendatang.

Menurut Sekretaris Lembaga Ta’lif wan Nasyr Nahdlatul Ulama (LTN NU) Syafiq Alieha, sebagai negara demokrasi, maka aksi demonstrasi diperbolehkan. Namun, harus dengan tujuan yang jelas dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Siapapun boleh berdemonstrasi, Rizieq, Bachtiar Nasir boleh aja tapi tujuannya apa?” kata dia saat menjadi narasumber dalam diskusi Merawat Keindonesiaan di Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (8/2/2017).

Syafiq mengatakan, apabila massa kerap melakukan aksi demonstrasi tanpa ada tujuan yang jelas maka akan memicu kegaduhan dan memperbesar sentimen antar kelompok.

“Kalau kita dikit-dikit demonstrasi tanpa ada tujuan yang dapat dipertanggung jawabkan justru bisa memicu kekacauan atau sentimen yang lebih besar. Ini yang harus kita pertanyakan,” ujarnya.

Ia pun menduga aksi 112 pada Sabtu mendatang bertujuan untuk memengaruhi masyarakat agar tidak memilih Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Pilkada Jakarta yang berlangsung empat hari setelah aksi itu.

“Saya kira akan banyak orang berpikir demkian karena Ahok sudah diadili. Jadi tidak ada alasan lagi untuk lakukan aksi besar,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here