Hatta Ali Lantik Achmad Setyo Pudjoharsoyo sebagai Sekretaris MA

0
729

Liputan1.com-Hatta Ali Lantik Achmad Setyo Pudjoharsoyo sebagai Sekretaris MA

Achmad Setyo Pudjoharsoyo menjadi Sekretaris MA menggantikan Nurhadi. Sebelumnya Pudjo merupakan hakim tinggi pada Pengadilan Tinggi (PT) Tanjungkarang, Lampung.

Pelantikan dan pengambilan sumpah dilakuka Ketua Mahkamah Agung di Tower MA lantai 14, Jalan Medan Merdeka Utara, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (7/2/2017).

Pudjo ditetapkan sebagai Sekretaris MA menggantikan Nurhadi yang mengundurkan diri pada Juli 2016 berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 22/TPA/Tahun 2017 yang ditandatangani oleh Presiden Jokowi pada tanggal 23 Januari 2017.

Hadir dalam acara tersebut para pimpinan MA Artidjo Alkostar dkk dan hakim agung lainnya. Acara tersebut juga dihadiri oleh Ketua KY Aidul Fitriciada Azhari dan Wakil Ketua MK Anwar Usman serta pimpinan organisasi advokat lainnya.

“Saya melantik Ahmad Pudjo sebagai Sekretaris MA, semoga Allah SWT melimpahkan rahmat dan tuntunan,” kata Hatta Ali.

Pudjo akan memimpin organisasi kesekretariatan MA yang membawahi 828 lebih satuan kerja dan 31.783 lebih personil di seluruh Indonesia. Sebelumnya Pudjo menjabat sebagai Ketua PN Jakbar yang dahulu memutuskan bebas terdakwa PNS “Ratu Penyelundup BBM” Niwen Khairani.

Nama Pudjo lolos setelah mengikuti proses seleksi lelang jabatan pasa November2016 di Pusdiklat MA, Mega Mendung Bogor. Tim Pansel yang diketuai langsung oleh Wakil Ketua MA bidang Nonyudisial Suwardi, nama Pudjo lolos dari tujuh menjadi tiga peserta.

“Yang jelas latar belakang saya hakim. Jadi tentu ini momentum penting bagi MA bahwa hakim sudah kembali di MA sebagai suporting unit,” ujar Pudjo.

Pudjo mengatakan dengan latar belakang hakim, dirinya mengetahui kebutuhan dan kepentingan profesinya sehingga dapat meningkatkan marwah dan martabat hakim ke depan.

“Ini memang sebagai suatu hal yang harus kita dukung semuanya, bahwa kebutuhan dan kepentingan hakim saat ini yang perlu kita ke depankan karena untuk bagaimana menyikapi menuju peradilan yang agung dan untuk Mahkamah Agung yang sukses,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here