Julia, Mata Kanan Diganti Mata Palsu Karena Kanker

0
2246

Liputan1.com-Julia, Mata Kanan Diganti Mata Palsu Karena Kanker

Di usia yang masih belia, Siti Julia (15) sudah tidak memiliki penglihatan yang sempurna. Mata kanan bocah asal Purwakarta ini sudah digantikan dengan mata palsu akibat kanker mata yang diidapnya sewaktu balita.

Ditemui dalam temu media di Kementerian Kesehatan, Rabu (1/2/2017), Julia bercerita bahwa dirinya pertama kali didiagnosa waktu masih umur empat tahun. Sang Ayah curiga karena ia kerap jatuh tanpa sebab.

“Waktu kecil tuh cuma suka pusing, penglihatannya buram, terus kata bapak aku suka jatuh. Ternyata pas diperiksa katanya kena kanker mata harus diangkat cepat kalau enggak takutnya menjalar ke (mata -red) yang satu lagi,” kata Julia.

“Bapak kaget jelas-jelas mata anaknya masih bagus kenapa mesti diangkat. Bapak aku mikir akhirnya ya udah lah mungkin udah takdir,” lanjut Julia.

Setelah mata kanannya diangkat, Julia mendapat kemoterapi untuk membasmi sel-sel kanker yang mungkin tersisa. Sayangnya hal yang ditakutkan terjadi dan kanker kembali terdeteksi di pipi bagian kanan.

Secara otomatis dokter pun harus mengangkat sebagian pipi kanannya.

“Aku bilang ke bapak ‘Pak gimana ini aku udah capek, rasanya itu sakit banget,'” ungkap Julia yang ketika itu keluarganya sudah tak mampu membiayai kebutuhan berobat.

Kini Julia sudah sembuh. Ia hanya perlu kontrol setiap tahun untuk memastikan dirinya benar-benar terbebas dari risiko kanker. Ia pun mengajak teman-temannya yang didiagnosis kanker untuk tidak pantang menyerah dan optimis menggapai kesembuhan seperti dirinya.

“Untuk teman-teman aku di luar sana yang terkena kanker, jangan pantang menyerah. Allah memberikan cobaan ke kita pasti ada rahasia dibalik itu semua. Ada keindahan yang menanti kita. Pasti kok kalian sembuh,” pesan Julia.

Di akhir perbincangan. Julia pun mengutarakan mimpinya untuk menjadi Miss Indonesia. Well, semoga cita-citamu ini segera tercapai, Julia. Kisahmu sangat menginspirasi kami untuk lebih bersyukur dengan anugerah kedua mata yang dititipkan Tuhan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here