Sumpah Tugas Wasit di Markas Kostrad

0
792

Liputan1.com-Sumpah Tugas Wasit di Markas Kostrad

Selain 40 wasit, yang terdiri dari 20 wasit dan 20 asisten wasit, juga ada 10 pengawas pertandingan, empat referee assessor dan empat pengawas dari tim etik PSSI juga menjalani sumpah tugas. Para wasit yang ditugaskan menandatangani enam poin sumpah dalam menjalankan tugas di Makostrad TNI AD, Jakarta Pusat, Rabu (12/2/207).

Enam poin tersebut yakni wajib menjalankan tugas dengan adil, menjunjung tinggi sportivitas, dilarang menerima uang atau barang dari pihak lain yang berkepentingan dalam turnamen, dilarang bertemu dengan pihak yang berkepentingan dalam turnamen, dan dilarang berbicara kepada media baik sebelum maupun sesudah pertandingan.

Sebelum mengucap janji, wasit mendapatkan pengarahan dari Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi. Edy berpesan kepada para wasit untuk menjaga profesi demi sepak bola Indonesia.

“Wasit menjadi elemen yang penting dalam turnamen. Jadi kami minta mereka menjalankan tugas dengan baik. Dalam turnamen ini akan menjadi percontohan untuk kompetisi,” kata Edy.

PSSI juga akan tegas memberikan sanksi apabila wasit melanggar sumpah yang telah ditandatangani. Dalam poin terakhir, wasit juga harus menerima konsekuensi apabila melanggar sumpah. “Soal sanksi, bisa dibebastugaskan di turnamen hingga kompetisi,” imbuh Edy.

Berikut 6 sumpah para wasit Piala Presiden:

1. Memimpin pertandingan dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya tanpa memihak siapapun dari klub peserta yang bertanding di turnamen Piala Presiden.

2. Tidak melakukan pertemuan atau mengeluarkan pendapat tentang pertandingan yang dipimpin sebelum atau sesudah pertandingan kepada pihak manapun termasuk pers/media.

3. Tidak menerima hadiah apapun baik berupa cinderamata ataupun bingkisan lain dalam bentuk apapun dari pihak yang patut diduga berkaitan dengan klub peserta turnamen Piala Presiden.

4. Tidak melakukan komunikasi yang patut diduga untuk mempengaruhi hasil pertandingan baik secara langsung maupun tak langsung lewat alat komunikasi apapun dengan klub peserta Piala Presiden 2017.
5. Menjunjung tinggi sportivitas dan memegang teguh dasar dan tujuan PSSI serta menjalankan semua peraturan PSSI dengan sebaik-baiknya demi keluhuran korps wasit pada khususnya dan keolahragaan pada umumnya.

6. Menerima konsekuensi terhadap pelanggaran ketentuan butir 1 (satu) sampai 5 (lima) di atas berupa sanksi tidak ditugaskan dalam kompetisi yang diadakan PSSI.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here