Mengenal Tradisi Hari Raya Imlek

0
835

Liputan1.com-Mengenal Tradisi Hari Raya Imlek

Tahun Baru Imlek ialah hari raya yang telah lama dirayakan masyarakat etnis Tionghoa dan sudah menjadi tradisi turun temurun. Terdapat kebiasaan dan tradisi yang terbentuk dalam perayaan Imlek yang sebagian besar masih dilakukan sampai sekarang.

Berikut beberapa kebiasaan atau tradisi saat perayaan Tahun Baru Imlek di antaranya sebagaimana dikutip dari dinaviriya.com 

Membersihkan Rumah

Menurut tradisi masyarakat Tionghoa, bulan 12 tanggal 24 berdasar penanggalan Imlek merupakan waktu yang ideal untuk membersihkan rumah dari debu-debu dan memperbaharui perabot rumah tangga yang sudah rusak dan usang, serta mengecat ulang rumah agar tampak lebih bersih.

Membersihkan rumah memiliki arti untuk membersihkan segala ketidakberuntungan dan nasib buruk pada penghuninya. Tradisi itu juga menandakan keinginan dan doa masyarakat Tionghoa untuk meninggalkan hal-hal buruk di masa lampau dan menyambut kedatangan masa depan yang lebih baik.

Menggantung Lukisan Tahun Baru

Kabiasaan menggantungkan gambar atau lukisan bertema Tahun Baru Imlek juga merupakan suatu tradisi dalam merayakan Imlek. Gambar ataupun Lukisan yang kerap dijumpai seperti yakni gambar Dewa Rezeki, Dewa Fu Lu Shou, lukisan musim semi Yin Cun Jie Fu, lukisan panen Wu Gu Feng Deng dan berbagai lukisan melambangkan shio.

Tidak Tidur di Malam Tahun Baru Imlek

Tidak tidur menjadi salah satu tradisi yang dilakukan dalam menyambut Tahun Baru Imlek. Setelah makan malam bersama, semua anggota keluarga berkumpul dan mengobrol dengan santai menunggu detik-detik pergantian tahun dengan suka ria.

Ada dua arti dalam tradisi tidak tidur pada malam Tahun Baru Imlek, yakni bagi mereka yang telah lanjut usia, Shou Sui atau tidak tidur pada malam Tahun Baru Imlek menandakan mereka sudah melewati tahun yang lama dan harus bersyukur serta menghargai waktu yang akan datang. Sedangkan bagi pemuda dan anak-anak, tidak tidur di malam Tahun Baru Imlek bertujuan mendoakan agar orangtuanya panjang umur.

Menyalakan Petasan

Bermain petasan merupakan suatu kegiatan hiburan dan dapat menambahkan suasana ramai serta meriah dalam merayakan Tahun Baru Imlek. Arti dari menyalakan petasan ini ialah guna mengusir nasib buruk di tahun sebelumnya sekaligus berharap masa depan lebih cerah dan bahagia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here