Tiga Mahasiswa Tewas, Rektor UII Mengundurkan Diri

0
749

Liputan1.com-Tiga Mahasiswa Tewas, Rektor UII Mengundurkan Diri

Tewasnya tiga mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) dalam pendidikan dasar Mapala UII, Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Harsoyo, menyatakan mengundurkan diri dari jabatannya, Kamis (26/1).

Keputusan ini sebagai bentuk tanggung jawab dan konsekuensi moral Harsoyo

Pengunduran dini Harsoyo disampaikan langsung di depan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristek) RI Mohammad Nasir dalam rapat tertutup dengan Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah V Yogyakarta. Keputusan mundur Harsoyo mendapat apresiasi dari Menristek Mohammad Nasir.

“Sebagai pimpinan dan tanggung jawab moral, saya mengundurkan diri. Kesalahan mutlak pada pimpinan. Saya memohon maaf sebesar-besarnya karena telah mencoreng nama baik pendidikan Indonesia,” ujar Harsoyo, Kamis (26/1).

Sebelumnya, tiga anggota Mapala UII tewas setelah mengikuti pendidikan dasar dan latihan bertajuk Great Camping di Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah, akhir pekan lalu. Baik korban maupun kampus mengakui ada unsur kekerasan senior.

Anggota Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Islam Indonesia Angkatan 1978, Budi Wibowo, merasa heran dengan pendidikan dasar Mapala UII berujung tewasnya tiga mahasiswa. Sebab, ketika dia masih aktif, kegiatan fisik saat pendidikan dasar tidak dominan.

“Fisik sedikit. Merayap, merangkak, jalan kaki,” kata Budi saat ditemui di Rumah Sakit Bethesda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here