Sidang Ahok, Ini Lima Saksi yang Hadir Hari ini, Selasa (24/1)

0
652

Liputan1.com-Sidang Ahok, Ini Lima Saksi yang Hadir Hari ini, Selasa (24/1)

Jaksa Penuntut Umum akan memperdengarkan keterangan lima saksi dalam sidang Ahok kali ini. Keterangan mereka akan diperdengarkan didepan majelis hakim kasus penistaan agama, Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

Salah satu pengacara Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, Triana Dewi Seroja mengatakan pada siang ini akan menghadirkan lima saksi. Dua orang diantaranya adalah saksi fakta. Salah satu diantara mereka adalah Yuli Hardi. Yuli adalah saksi fakta atau saksi yang turut hadir dalam tempat kejadian dugaan penistaan agama yang dilakukan Ahok.

Selain Yuli, Nurkholis Majid juga akan didatangkan pada sidang kali ini. Majid adalah pegawai tidak tetap Dinas Komunikasi, Informatika, dan Kehumasan DKI. Selaku pegawai yang bekerja untuk humas pemerintah, Majid yang merupakan juru kamera, juga turut bersama Ahok mengunjungi Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, pada 27 September 2016 lalu.

Majid adalah perekam video yang potongannya selama beberapa menit menyebar (viral) di media sosial, usai Diskominfomas DKI mengunggah video lengkapnya ke YouTube Pemerintah Provinsi DKI.

Juru bicara tim hukum Ahok, Sirra Prayuna mengatakan, selaku orang yang melalui lensa kameranya menyaksikan Ahok berpidato, Majid seharusnya bisa menyampaikan hal itu.

 “Dia kan yang hadir, dia yang berinteraksi, dia yang mendengarkan kata-kata dan bisa mendeskripsikan gestur tubuh,” ujar Sirra di Auditorium Kementerian Pertanian, lokasi persidangan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa 24 Januari 2017.

 

Sirra, juga berharap Majid bisa mendeskripsikan secara lisan reaksi warga Kepulauan Seribu, saat itu. Meski demikian, kesaksian itu tentu juga diharap netral, tidak terpengaruh hubungan Ahok dan Majid selaku atasan dan bawahan.

Sirra mengatakan, kesaksian diharapkan bisa digunakan tim kuasa hukum Ahok sebagai materi pembelaan untuk meringankan dakwaan kepada Ahok. “Kita ingin mendengar kesaksian terkait reaksi dari masyarakat Kepulauan Seribu,” ujar Sirra.

Tiga orang lain adalah saksi pelapor. Mereka seharusnya bersaksi di persidangan sebelumnya. Namun, mereka tidak hadir pada sidang 17 Januari 2017. “Saksi pelapor itu Ibnu Baskoro, Muhammad Asroi Saputra dan Iman Sudirman,” ujar Triana.

Menurut dia, tim penasihat hukum Gubernur nonaktif DKI Jakarta akan meminta majelis hakim sidang Ahok untuk menghadirkan terlebih dahulu tiga saksi pelapor memberi keterangan. Setelah itu, baru saksi fakta. “Nanti kita jadi mintakan saksi pelapor dulu baru yang saksi fakta,” ucap Triana.

Ketua Majelis Hakim Dwi Budiarso sebelumnya, memutuskan menunda lantaran dua saksi yang disodorkan jaksa penuntut umum (JPU) belum dikoordinasikan pada penasihat hukum Ahok.

Dari enam saksi yang dijadwalkan, hanya tiga saksi yang hadir, yakni saksi pelapor Willyudin, saksi polisi Briptu Ahmad Hamdani, dan Bripka Agung. Sedangkan Ibnu Baskoro, Muhammad Asroi Saputra, dan Iman Sudirman mangkir dari persidangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here