Curhat SBY Soal Penyebar Hoax Disindir Netizen

0
763

Liputan1.com-Curhat SBY Soal Penyebar Hoax Disindir Netizen

Mantan Presiden RI keenam, Susilo Bambang Yudhoyono kembali curhat melalui akun twitternya, kali ini soal situasi nasional saat ini yang semakin dibanjiri dengan informasi hoax atau kebohongan.

Dalam kicauannya yang singkat, Yudhoyono bahkan menyebut nama Allah dan Tuhan Yang Maha Esa.

Ya Allah, Tuhan YME. Negara kok jadi begini. Juru fitnah & penyebar “hoax” berkuasa & merajalela. Kapan rakyat & yg lemah menang? *SBY*,” demikian twitan SBY, JUmat (20/1). Curhat itu terkait fitnah yang dianggapnya merajalela belakangan ini.

Kontan kicauan ini mendapat reaksi beragam dari netizen dan sejumlah tokoh. Mantan Pemimpin Redaksi Majalah Tempo Goenawan Moehammad misalnya, merespon cuitan itu dengan menyinggung situasi banjir berita hoax sudah terjadi sejak era pemerintahan SBY-Boediono. Puncaknya, menurut Goenawan, dilakukan oleh koran mingguan abal-abal ‘Obor Rakyat’.

“Dgn hormat, fitnah dan hoax itu sudah menggila di Pilpres 2014, terutama thd @jokowi . Lewat “Obor Rakyat”. Bisa cek ke Andi Arif. Tksh.” tulis Goenawan lewat akunnya @gm_gm.

Kicauan ini membalikkan sindiran kepada SBY. Pasalnya, saat itu, Andi Arief yang disebut Goenawan dalam kicauannya merupakan salah satu staf ahli SBY saat menjabat Presiden yang dituding sebagai aktor intelektual di balik penyebaran Obor Rakyat.

Reaksi mencibir juga ditunjukkan pemilik akun @RinjaniJB. Dalam komentarnya, Rinjani mengatakan SBY yang dipanggil dengan sebutan ‘Pepo’ oleh istri  dan dua anaknya, seringkali baper (terbawa perasaan) setelah Presiden Joko Widodo bertemu dengan tokoh nasional atau negarawan.

“Heran sama pepo. Setiap pak Jokowi habis silaturahmi sama tokoh2 nasional & negarawan, pasti deh pepo bapeerrr.. @rais_banten @SBYudhoyono.” tulis akun @RinjaniJB

Untuk diketahui, sehari sebelumnya atau Kamis (19/1), Jokowi memang menyambut kunjungan dua tokoh yakni mantan Presiden BJ Habibie dan eks Wapres Try Soetrisno di Istana Negara.

Selain yang bernada sinis, tidak sedikit juga yang memberi respon positif terhadap apa yang dikeluhkan SBY dan dinamika politik nasional saat era pemerintahannya.

@SBYudhoyono Keliatan sekali emang pak kelasnya, di era pak SBY gak ada kisruh sampai tercerai berai kayak skrg ini… Hoax bikin rusuh,,.” demikian komentar pemilik akun ‏@corazon_rizky

Sementara Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Roy Suryo membenarkan SBY yang menuliskan tweet itu.

“Saya kira kicauan beliau itu yang sangat singkat dan padat, sudah paripurna, sudah dipikirkan dalam-dalam dari beliau, dan tidak perlu ditafsirkan lagi,” kata Roy saat dihubungi.

Menanggapi isi kicauan SBY, Roy berharap agar masyarakat Indonesia introspeksi diri. Menurutnya, SBY tentu memiliki bukti yang kuat sebelum mengeluarkan pernyataan di media sosial.

“Saya sarankan setelah baca itu mari kita doakan bangsa ini bersama-sama dan mari kita jadikan ini introspeksi,” kata Roy. (

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here