14 Mantan Anggota DPRD Akan Dipenjara Rame-rame

0
707

Liputan1.com-14 Mantan Anggota DPRD Akan Dihukum Rame-rame

Mantan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gunungkidul periode 1999-2004 tak lama lagi mendekam di penjara. Mereka segera dieksekusi sebagai terpidana kasus tunjangan anggota DPRD Kabupaten Gunungkidul dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2003-2004.

Eksekusi tersebut menyusul putusan Mahkamah Agung kepada 14 anggota DPRD itu yang sudah turun tiga minggu lalu. Dari 14 terpidana, dua orang di antaranya sudah meninggal dunia dan satu sakit.

Sejatinya, ada 33 mantan anggota menjadi terpidana dalam kasus ini. Namun, 19 di antaranya masih menunggu keputusan hukum tetap (incraht) hakim di tingkat kasasi.

“Rencana eksekusi memang ada, Selasa, 17 Januari 2017,” kata Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi Daerah Istimewa Yogyakarta Kusuma Jaya Bulo.

Pada selasa (17/1) sore eks anggota DPRD yang tersangkut perkara korupsi senilai Rp 3, 05 miliar tersebut telah menjalani proses pemeriksaan kesehatan. Sesuai ketentuan yang berlaku, proses pengenalan untuk tahanan Tipikor dilakukan secara terpisah dari tahanan kasus pidana umum.

Mereka masing-masing divonis dengan pidana penjara 1 tahun denda 50 juta subsider 2 bulan. Mereka di antaranya Ratno Pintoyo, Baryadi Rouseno, Zaenuri, Sukar, Warta, Rojak Harudin, Isdanu Sismiyanto, Irhas Imam Mochtar, Ternalem, Paiman, Sukijan, Paikun Widi Permono, Tumijo Suryo Hadi, dan Sukardi. Dua terpidana yang sudah meninggal dunia, yaitu Paiman dan Paikun.

Sementara sisanya belum ada putusan dari Mahkamah Agung. Sehingga upaya hukum kasasi ini masih ditunggu keputusan para hakim oleh jaksa eksekutor.

“Sampai saat ini perkaranya belum diputus Mahkamah Agung,” kata Kusuma.

Vonis yang dijatuhkan hakim tidak berubah sampai tingkat kasasi. Pada 2 Mei 2013, hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Yogyakarta menjatuhkan vonis kepada para mantan wakil rakyat itu.

Mereka yang masih menunggu putusan kasasi oleh Mahkamah Agung, di antaranya Bambang Eko Prabowo, Supriyo Hernanto, Naomi Prihastuti, Samintoyo, Supriyono, Yogi Pradono, Pardiro, FX Ngatijan, Purwodarminto, Nurhadi Eko Rahmanto, Untung Nurjaya, Hermanto Samintoyo, Supardi, Chalimi, Prodjohardjono, Endro Subektio, Supriyo, Amin Muhaimin, dan Marsudi.

Vonis yang diterima para mantan anggota dewan ini juga berbeda-beda. Termasuk ada yang harus membayar kerugian negara.

Pengacara para terpidana, Yusron Rusdiyono menyatakan akan mendampingi kliennya saat pemanggilan mereka ke Kejaksaan Negeri Wonosari Gunungkidul. Banyak kliennya yang belum siap menerima eksekusi ini. ”

Ini pemanggilan pertama, bisa jadi klien akan mengajukan surat penundaan eksekusi,” kata Yusron.

Alasannya, sebelum masuk ke penjara, mereka harus menata keluarga dan siap mental. Rencananya, mereka akan dijebloskan ke Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Wirogunan Yogyakarta. Vonis yang mereka terima terbilang sangat ringan.

Pasalnya, tuntutan jaksa antara 4 hingga 7 tahun penjara. Vonis paling tinggi hanya satu tahun empat bulan penjara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here