Louis Van Gaal Pensiun dari Sepakbola

0
728

Liputan1.com-Louis Van Gaal Pensiun dari Sepakbola

Louis van Gaal terakhir di Manchester United dan mengantar Setan Merah juara Piala FA (Football Association) pada Mei 2016, namun hanya dalam hitungan jam kemudian dia dipecat.

Van Gaal, berusia 65 tahun dan sebelum menangani MU melatih Timnas Belanda, mengakhiri karier kepelatihan yang telah dijalaninya selama 26 tahun.

Louis van Gaal mengangkat Piala FA ketika membawa Manchester United juara turnamen itu pada musim 2015-2016. Hanya beberapa jam setelah momen hebat itu, dia dipecat. – Daily Mail

“Saya pikir saya akan berhenti. Semula saya pikir sekadar cuti panjang, namun sekarang saya tidak berpikir untuk kembali melatih,” ungkapnya kepada media Belanda De Telegraaf.

Van Gaal juga pernah melatih Ajax Amsterdam, Barcelona, Bayern Munchen, dan AZ Alkmaar. Dia mengumumkan pensiun setelah menerima lifetime achievement award dari Pemerintah Belanda atas kontribusinya untuk sepak bola.

Ketika masih bermain, dia berposisi sebagai gelandang Ajax, Royal Antwerpen, Telstar, Sparta Rotterdam, dan AZ pada rentang waktu 1972 hingga 1987 sampai beralih ke peran pelatih yang bermula sebagai asisten di AZ dan dilanjutkan dengan posisi serupa di Ajax.

Van Gaal menggantikan Leo Beenhakker sebagai pelatih kepala Ajax pada 1991 dan melintasi periode kesuksesan dengan membawa tim ibu kota Belanda itu tiga kali juara Eredivisie serta juara UEFA Cup 1992 dan Liga Champions Eropa 1995, mengalahkan AC Milan di final di Wina, Austria.

Dia juga membawa Barcelona ke catatan kesuksesan. Dia menggantikan Bobby Robson pada 1997 dan memimpin klub Katalan tersebut dua musim beruntun juara Divisi Primer La Liga dan Piala Raja Spanyol (Copa del Rey).

Negaranya memanggilonya untuk menangani skuat Oranje pada 2000, namun dia gagal meloloskan Belanda ke Piala Dunia 2002, kegagalan pertama sejak 1986.

Van Gaal lantas kembali ke Barcelona, namun kali ini hanya bertugas selama 8 bulan. Dia meninggalkan Blaugrana pada pertengahan musim ketika tim tersebut mendelati zona degradasi.

Dia kemudian menangani AZ hingga menjadi juara Eredivisie 2005-2006, lalu berangkat ke Jerman untuk membantu Bayern Munchen meraih gelar Bundesliga 2009-2010.

Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) mendekatinya lagi pada 2012 dan kali ini dia berhasil membawa Belanda menjadi dua negara Eropa pertama bersama Italia yang lolos ke putaran final Piala Dunia 2014 yang kemudian berakhir dengan catatan bagus peringkat ketiga di Brasil.

Setelah melalui sejumlah spekulasi, Van Gaal bergabung ke MU pada Mei 2014 dengan kontrak berdurasi 3 tahun menggantikan David Moyes.

Setelah membawa MU juara Piala FA musim 2015-2016 dia langsung dipecat dan manajemen MU pada awal musim 2016-2017 menunjuk Jose Mourinho sebagai penggantinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here