Tiga Saksi Mangkir, Sidang Ahok Ditunda

0
447
Tiga Saksi Mangkir, Sidang Ahok Ditunda

Liputan1.com-Tiga Saksi Mangkir, Sidang Ahok Ditunda

Sidang lanjutan perkara dugaan penistaan agama atas terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Selasa (17/1) ditunda hingga pekan depan. Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara menyatakan penundaan sidang karena tiga saksi yang diagendakan ternyata tidak hadir.

“Akan kami tunda Selasa depan, 24 Januari jam 9 di gedung ini, dengan perintah terdakwa untuk tetap hadir. Sidang ditutup,” kata Hakim Ketua Dwiarso Budi Santiarto di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa (17/1).

Dwiarso pun menyampaikan permohonan maaf kepada Yulihardi dan Nur Cholis karena belum bisa memberikan keterangan dalam persidangan hari ini. Namun, ia meminta keduanya untuk menunggu panggilan sidang yang akan datang.

“Kami majelis hakim mengapresiasi kedatangan saudara yang berarti menghormati hukum,” ujar Dwiarso.

Ketiga saksi yang tidak hadir dalam sidang yakni Ibnu Baskoro, Muhammad Asroi Saputra, dan Iman Sudirman. Jaksa sejatinya telah menyiapkan dua saksi cadangan untuk menggantikan saksi yang tidak datang, yaitu Yulihardi dan Nur Cholis.

Namun tim kuasa hukum Ahok merasa keberatan lantaran penggantian saksi tersebut tanpa koordinasi sebelumnya.

“Kami sudah sepakat, kami menolak saksi yang tidak disampaikan pada koordinasi sebelum sidang,” kata kuasa hukum Ahok, Edi Danggur.

Majelis hakim pun berembuk dan akhirnya memutuskan untuk menerima keberatan penasihat hukum. Dwiarso menjelaskan, dalam Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana tidak mengatur adanya kewajiban untuk berkoordinasi. Majelis hakim menyatakan jaksa penuntut umum boleh menghadirkan saksi secara acak sepanjang bukan saksi korban.

“Kebijakan majelis agar persidangan berjalan mencari kebenaran materil memang sebaiknya diberitahukan siapa-siapa yang akan dipanggil,” kata Edi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here