Luis Milla Pelatih Timnas Indonesia

0
848

Liputan1.com-Luis Milla Pelatih Timnas Indonesia

PSSI menjatuhkan pilihannya kepada mantan pemain FC Barcelona dan Real Madrid, Luis Milla Aspas sebagai pelatih timnas Garuda. Wakil Ketua Umum PSSI Djoko Driyono mengatakan, dalam sepekan ini, pegumuman resmi sekaligus penandatanganan kontrak terharap mantan pelatih Real Zaragoza tersebut, bakal dilakukan.

“PSSI sudah memilih satu nama dari dua pilihan itu,” ujar Djoko kepada Republika, Ahad (15/1). Dua pilihan yang dimaksud Djoko, yakni antara Milla atau mantan pelatih Espanyol dan Real Betis, Luis Miguel Fernandez Toledo. Terkati itu, Djoko membenarkan kabar tentang rencana kedatangan Milla ke Indonesia dalam pekan ini.

“Mengumumkannya butuh satu step (langkah) terakhir, di mana PSSI perlu bertemu langsung dengan yang bersangkutan (Milla),” sambung Djoko. Duta Besar RI di Madrid, Yuli Mumpuni Widarso, kepada Republika, pekan lalu, memberikan kabar tentang rencana pelatih 50-an tahun itu bertolak ke Jakarta, Selasa (17/1) nanti.

Djoko mengakui, rencana tatap muka tersebut, bakal membahas lebih rinci tentang ikatan kontrak kepelatihan Milla bersama timnas Garuda Indonesia mendatang. “Boleh dibilang demikian,” ujar dia.

Luis Milla, 50 tahun

Kiprah Luis Milla di dunia kepelatihan menanjak setelah ia membawa timnas Spanyol U-21 menjuarai Piala Eropa U-21 pada 2011.

Sebelum membawa Spanyol U-21 menjuarai Piala Eropa U-21, Luis Milla sudah membesut timnas Spanyol sejak 2008 dengan melatih timnas U-19. Ia dipecat oleh RFEF (Federasi Sepak Bola Spanyol) pada 2012 lantaran gagal membawa timnas U-23 lolos dari fase penyisihan grup di Olimpiade 2012 London.

Jabatan terakhir Luis Milla adalah pelatih di Real Zaragoza yang bermain di Segunda Division musim 2016-2017, namun pada akhir Oktober 2016 ia diberhentikan karena rangkaian hasil buruk.

Baik Luis Fernandez maupun Luis Milla sebelum jadi pelatih, merupakan pesepak bola profesional. Keduanya bermain sebagai gelandang bertahan. Fernandez tampil bersama timnas Prancis pada awal 80 hingga awal 90-an sementara Milla, sempat berkiprah di Barcelona, Real Madrid, dan Valencia.

Luis Milla juga pernah bermain di timnas Spanyol, namun kiprahnya bersama La Furia Roja terbilang pendek, hanya sekitar setahun pada akhir awal 1990-an.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here