Kapolda Jabar : Demo ini Hanya Ketakutan Saudara Rizieq

0
574

Liputan1.com-Kapolda Jabar : Demo ini Hanya Ketakutan Saudara Rizieq

Front Pembela Islam (FPI) Senin (16/1/2017) hari menyerbu Mabes Polri dengan tuntutan pencopotan Kapolda Jabar, Irjen Pol Anton Charliyan. Menanggapi aksi ini, Kapolda Jabar malah menyebut bahwa Demo ini hanya ketakutan Saudara Rizieq saja.

“Itu kan (demo) hanya ketakutan dari saudara Rizieq saja. Kenapa mesti begitu? Kan ada hukum. Kalau menurut saya lebay itu,” kata Anton kepada wartawan di sela Rapim TNI di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (16/1/2017).

Anton Charliyan mengaku tidak menyoal dirinya dilaporkan Habib Rizieq Shihab ke Mabes Polri.

“Iya nggak apa-apa, itu haknya demo. Yang penting sesuai prosedur, nggak perlu jadi masalah, itu saja,” ujar Anton.

Sementara itu, massa berseragam dominan putih khas FPI memadati Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Mereka berjalan bersama dan memenuhi jalan.

Di barisan terdepan, Imam Besar FPI, Habib Rizieq berada di atas mobil komando. Sebagian massa keluar dari Al-Azhar melalui gerbang belakang. Mereka berkumpul di halaman Al-Azhar dan juga jalan Raden Patah.

Dalam aksi demo hari ini, FPI menuntut Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk mencopot jabatan Kapolda Jawa Barat Inspektur Jenderal Anton Charliyan.

FPI menuding Anton telah membiarkan organisasi masyarakat Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) menyerang dan memukuli anggota mereka di Bandung, pekan lalu.

Habib Rizieq sebelumnya menyebut pelaporan Kapolda Jabar terkait dengan perusakan dan penganiayaan anggota FPI di dekat Mapolda Jabar yang diduga dilakukan anggota ormas Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) pada Kamis (12/1). Habib Rizieq juga mempersoalkan posisi Kapolda sebagai ketua dewan pembina GMBI.

Habib Rizieq saat berbicara di hadapan massa yang lebih dulu menunaikan salat duha di Masjid Agung Al-Azhar di Kebayoran Baru, Jaksel, menyebut aksi yang dilakukan di Mabes Polri bukanlah demonstrasi melainkan melaporkan sejumlah pihak.

“Kami nggak mau unjuk rasa hari ini, kami mau melapor, tapi melapornya ramai-ramai,” sebut dia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here