Luis Fernandez, Calon Pelatih Timnas Indonesia

0
1151

Liputan1.com-Luis Fernandez, Calon Pelatih Timnas Indonesia

Pelatih dari Spanyol yang pernah menangani Paris Saint-Germain dan Espanyol dikabarkan akan menggantikan Alfred Riedl.

 Menurut bocoran di lingkar dalam PSSI, negosiasi dengan Luis Fernandez sudah digeber petinggi PSSI saat Piala AFF 2016 berlangsung. Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, ingin ada penyegaran di Tim Merah-Putih.

Sekalipun Alfred Riedl sukses mengantar Timnas Indonesia juara Piala AFF 2016, ia tetap bakal lengser karena tahun 2017 tidak ada agenda internasional, maka Luis Fernandez diplot memegang dua timnas sekaligus.

 Tugas awalnya memimpin Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2017. Rencana rangkap jabatan itu sudah disampaikan oleh Edy Rahmayadi sejak jauh-jauh hari.

“Pelatih Timnas Indonesia senior dan U-22 menjadi prioritas utama kami. Saya cenderung memilih pelatih yang menjanjikan untuk menangani kedua tim ini,” kata Edy yang juga menjabat sebagai Pangkostrad TNI tersebut.

Bicara soal pengalaman, figur Luis Fernandez cukup mentereng. Ia terakhir kali tercatat sebagai pelatih Timnas Guinea (2015-2016). Ia pernah menukangi Timnas Israel pada periode 2011-2010.

Di klub Paris Saint-Germain ia sukses mempersembahkan gelar juara Coupe de France, Coupe de la Ligue, Trophee des Champions 1995. Plus ditambah Cup Winners’ Cup 1996 dan UEFA Intertoto Cup 2001. Saat jadi pemain, Luis Fernandez jadi bagian skuat Prancis saat memenangi Piala Eropa 1984.

Selain Luis Fernandez, sosok Indra Sjafri juga disebut-sebut hampir pasti menangani Timnas Indonesia U-19 serta Rudy Eka Priyambada di level U-17.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here