Dua Mahasiswi Unpar Bandung Kibarkan Merah Putih di Puncak Gunung Antartika

0
921

Liputan1.com-Dua Mahasiswi Unpar Bandung Kibarkan Merah Putih di Puncak Gunung Antartika

Fransiska Dimitri Inkiriwang (23) dan Mathilda Dwi Lestari (23) berhasil menjadi perempuan pertama yang mencapai puncak gunung Vinson Massif, Antartika sekaligus mengibarkan bendera merah putih dan menggetarkan angklung.

Kedua mahasiswi Unpar Bandung ini merupakan bagian dari Tim The Women of Indonesia Seven Summits Expedition Mahitala Unpar (WISSEMU). Tim Humas WISSEMU, Nadya A Pattiasina mengatakan, dua perempuan pendaki tersebut berhasil tiba di puncak tertinggi Antartika atau setinggi 4.892 mdpl pada Rabu 4 Januari 2017 pukul 23.48 waktu setempat atau Kamis 5 Januari 2017 pukul 09.48 WIB.

“Tim WISSEMU akhirnya menapaki puncak Vinson Massif. Angklung sebagai warisan budaya kebanggan Jawa Barat yang dibawa oleh tim turut bergema mengiringi bendera merah putih yang berkibar dengan gagah di puncak gunung Vinson,” kata Nadya, Jumat (6/1/2017).

Perjuangan dua srikandi tangguh tersebut sangat membanggakan. Kepastian mereka selamat dan sukses berada di puncak Vinson disampaikan oleh salah satu pendaki, Mathilda, melalui telepon satelit pada pukul 12.38 WIB, Kamis kemarin, setelah tiba di high camp. Kabar tersebut disampaikan Mathilda kepada rekan-rekannya di Indonesia.

“Keberhasilan mengibarkan bendara merah putih di puncak tertinggi Antartika merupakan persembahan bagi persatuan bangsa Indonesia,” ucap Mathilada sambil terbata-bata seperti tertulis dalam rilis.

Untuk mencapai puncak Vinson Massif, Tim WISSEMU telah melalui perjalanan panjang selama sekitar empat hari terhitung sejak 1 Januari 2017. ” Mereka sempat singgah dan beristirahat di low camp (2.800 mdpl). Tim melanjutkan aklimatisasi sekaligus melakukan load carry ke high camp (3.770 mdpl) keesokan harinya,” kata Nadya.

Kemudian untuk memulai menuju puncak Vinson Massif, Tim berangkat dari high camp pada Rabu 4 Januari pukul 12.00 waktu setempat. “Tim menempuh jarak 14 kilometer yang menghabiskan 12 perjalanan. Perjalanan menuju puncak dari titik terakhir ini ditemani cuaca cerah namun angin kencang dan hawa dingin dengan suhu udara mencapai -33 derajat celcius,” kata Nadya.

Gunung Vinson Massif merupakan gunung kelima tertinggi di dunia dalam rangka penaklukan tujuh gunung tertinggi di dunia. Empat gunung sebelumnya berhasil mereka daki yaitu Gunung Carstensz Pyramid (4.884 mdpl) pada 13 Agustus 2014, Gunung Elbrus (5.642 mdpl) 15 Mei 2015, Gunung Kilimanjaro (5.895 mdpl) pada 24 Mei 2015, serta Gunung Aconcagua (6.962 mdpl) pada 1 Februari 2016.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here