Wisata Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

0
1361
Wisata Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

LiputanPariwisataSatu-Wisata Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

Wisata Air Terjun Tumpak Sewu dan Air Terjun Goa Tetes merupakan dua dari beberapa destinasi wisata di Kota Lumajang yang wajib Anda kunjungi bila sedang ke Lumajang.

Air Terjun Tumpak Sewu, ada juga yang menyebut Coban Sewu atau Grojogan Sewu secara administratif terletak di aliran sungai Glidih yang menjadi perbatasan kecamatan AmpelGading Malang dan kec. Pronojiwo Lumajang. Air Terjun Coban Sewu ini hampir mirip dengan Air Terjun Coban Pitu di Pujon Malang

Namun yang membedakan adalah jumlah sumber mata air di Air Terjun Tumpak Sewu ini jumlahnya lebih banyak, itu juga yang menjadi alasan kenapa air terjun ini dinamakan Coban Sewu karena jumlah sumber mata airnya yang sangat banyak.

Rute untuk menuju Air Terjun Tumpak Sewu (Grojogan Sewu) ini dapat melalui Kota Malang – Jawa Timur yang kira-kira memerlukan waktu 2 jam 30 menit dari Kota Malang menuju Lumajang melalui Bululawang – Dampit – Tirtomoyo – Pronojiwo, kemudian setelah di tugu perbatasan antara Kabupaten Lumajang dan Malang sekitar 100 meter sebelum tugu tersebut ada gang turun pada kiri jalan jika kita dari arah Lumajang. Kemudian kita lurus saja sampai sungai, lalu motor diletakkan di gubuk penambang pasir. Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri sungai sekitar 200 meter, baru setelah itu kita akan menemukan air terjun ini. Sama halnya seperti menuju lokasi Air Terjun Goa Tetes, rute menuju Terjun Tumpak Sewu (Grojogan Sewu) dapat dilalaui baik kendaraan roda dua maupun roda empat.

Medan menuju Air Terjun Tumpak Sewu (Grojogan Sewu) masih terbilang sulit dan terjal pasalnya wisata ini tergolong baru di Kab. Lumajang dan untuk wisatawan dimohon untuk berhati-hati dan menaati peraturan yang telah diterapkan oleh pengelola tempat wisata karena Air Terjun Tumpak Sewu (Grojogan Sewu) ini sudah memakan korban jiwa. Dahulu, sebelum wisata air terjun Tumpak Sewu dibuka, Goa Tetes merupakan satu-satunya destinasi wisata di lokasi ini.

Pemandangan dari atas maupun dari bawah akan terlihat sama indahnya untuk memandangi Air Terjun Tumpak Sewu (Grojogan Sewu) ini. Namun yang perlu diperhatikan adalah, trip-er semua harus ekstra hati-hati bila ingin turun karena medannya sangat licin dan berbahaya, jangan memaksakan diri apabila kondisi cuaca sedang mendung atau sudah sore. Trip-er semua masih bisa menyaksikan pemandangan Air Terjun Tumpak Sewu (Grojogan Sewu) dari atas yang juga tidak kalah keren. Bener-bener seperti “Serpihan Surga” di bumi Lumajang.

Beberapa spot yang akan anda temui saat berwisata ke air terjun Tumpak Sewu. 

  1. yang pasti wisatawan akan bertemu dengan anak tangga yang lumayan panjang. karena yang namanya air terjun pasti ada spot yang berada di ketinggian harus kita datangi untuk mendapat pemandangan yang lebik menakjubkan. anak tangga ini akan ada di sepanjang perjalanan 800 meter menuju tempat utama. namun selagi berjalan anda juga akan melihat pemandangan alam yang indah pula.
  2. Goa Tetes. ini alasan kenapa wisatawan tidak akan dirugikan dengan perjalanan panjang anak tangga tadi. karena nantinya akan menemui Gua tetes yang sebenarnya ini merupakan tempat wisata awal sebelum air terjun Tumpak Sewu di buka untuk umum. gua tetes juga merupakan keindahan alam yang menakjubkan karena ada sumber mata air di atas gua yang memancar ke segala arah hingga air tadi jatuh di setiap sisi gua seprti layangnya tetesan air yang perlahan. maka dari itu di namakanlah spot ini dengan Gua Tetes
  3. track yang selanjutnya  dilalui adalah tebing batu yang menurun curam. Untuk menuruni tebing ini kami dibantu dengan seutas tali berbahan karet ban dan setangkai rotan yang membentuk tali lentur/elastis. Kucuran air dari goa tetes mengalir deras di sepanjang rute ini.Hal yang harus diperhatikan adalah batu tebing yang akan dijadikan pijakan  kaki kita harus benar-benar kokoh dan kuat menyangga bobot tubuh kita. Selain itu, pakaian yang kita kenakan harus benar-benar pakaian yang nyaman untukpecicilan dan mendukung tubuh untuk bebas bergerak. Jangan coba-coba menuruni track ini dengan pakaian berbahan dasar jeans maupun pakaian yang ketat karena “ditakutkan” akan mengganggu keleluasaan pergerakan yang akan berakibat fatal

    pemandangan dari bawah. via : panoramio.com

  4. ini merupakan Spot utama dari  tempat wisata ini yaitu air terjun Tumpak Sewu Sumber-sumber mata air inipun letaknya tidak hanya sejajar membentuk satu garis vertikal akan tetapi membentuk saff-saff  yang banyak sekali jumlahnya. Ketika air mengalir dari semua mata air, aliran air tersebut menimbulkan kesan bertumpuk tumpuk dan saling bertumpang tindih atau saling menaiki. Dalam bahasa jawa numpang atau naik disebut dengan “numpak”,mungkin karena itu disebut air terjun tumpak sewu. ini adalah spot dimana anda akan berada merasakan gemuruh air serta keindahan yang benar benar istimewa.
  5. selanjutanya spot paling digemari para wisatawan yang suka eksis atau mengabadikan moment.   Salah satu kercis yang diberikan oleh petugas adalah karcis masuk ke kawasan yang biasa dipakai sebagai spot foto di kawasan air terjun ini. Sebelum memasuki spot foto ada sebuah tulisan yang berbunyi “salaamun Qulan min robbirrohiim”,yang merupakan ucapan Tuhan ketika memberi selamat kepada para penghuni surga di pintu surga kelak. Dari lokasi spot foto  ini kami melihat dengan jelas penampakan seluruh bagian air terjun yang membentang panjang membentuk setengah lingkaran. Dari sini kami menikmati lebih dalam lagi keindahan ciptaan tuhan yang begitu luarbiasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here