KPK Tetapkan Syaipul Jamil Tersangka Suap

0
583

Liputan1.com-Penyanyi Dangdut ini ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rabu (21/12/2016).

Ipul, panggilan Saipul Jamil, dalam kasus ini diduga telah menyuap Panitera Pengadilan Negeri Jakarta Utara (PN Jakut), Rohadi terkait kasus pencabulan anak dibawah umur DS yang melibatkan dirinya dan kasus ini telah disidangkan di PN Jakut. Pada kasus ini Ipul telah divonis Pengadilan Tinggi Jakarta dengan hukuman lima tahun penjara.

“Terkait pengembangan tindak pidana korupsi berupa pemberian hadiah kepada penyelenggara negara di PN Jakut, KPK menetapkan tersangka baru, yaitu SJM (Saipul Jamil),” jelas Jubir KPK, Febri Diansyah di Gedung KPK, Jakarta.

Kasus yang menjerat Ipul sebagai pengembangan dari perkara suap terkait pengurusan perkara pencabulan di PN Jakut. Diduga, Ipul telah memberikan uang suap kepada Rohadi melalui perantara kakaknya Samsul Hidayatullah dan pengacaranya, Berthanalia Ruruk Kariman dan Kasman Sangaji.

Suap ini dianggap telah mempengaruhi putusan Hakim PN Jakut terkait perkara pencabulan yang menjerat Ipul sebagai terdakwa. Pada perkara suap ini, Rohadi, Samsul, Berthanatalia dan Kasman telah divonis bersalah.

“SJM, tersangka kelima dalam kasus ini. Sebelumnya KPK menetapkan empat tersangka,” kata Febri.

Atas tindak pidana yang diduga dilakukan, Ipul dikenakan Pasal 5 Ayat (1) huruf a atau huruf b atau Pasal 13 Undang-undang Pemberantasan Korupsi juncto Pasal 55 Ayat (1) kesatu KUHP.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here