Ahok Kembali Blusukan, Temukan Masalah Baru

0
577
Ahok Tak Lakukan Praperadilan

Liputan1.com-Ahok Kembali blusukan, temukan masalah baru

Calon Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, kembali blusukan, kali ini dialogue Jalan Lapangan Tembak, Kelurahan Cilandak Timur, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (21/12).

Dari hasil kunjungannya kepada warga di sana, sosok yang biasa disapa Ahok ini melihat bahwa di lokasi tersebut kerap dilanda banjir. Tidak hanya karena lokasi yang berupa lembah dan turunan tetapi juga adanya alih fungsi kali oleh sebuah apartemen di permukiman tersebut.

“Yang paling bahaya memang Jakarta Selatan. Logikanya utara sudah tidak banjir, kok sekarang selatan? Karena banyak bangunan, bikin apartemen, perumahan sungai dibelokin. Orang kampung kasihan jadi tenggelam (kebanjiran),” ujar Ahok di lokasi.

Dari hasil peninjauannya, Basuki mengatakan, itu merupakan satu dari masalah yang terjadi di Jakarta Selatan yakni banyaknya lokasi kebanjiran akibat pembangunan gedung bertingkat dan apartemen.

Salah satunya apartemen Izzara yang berada di depan pemukiman warga di sana. Sebagian tembok bangunan apartemen tersebut menyumbat aliran air dari permukiman warga ke Kali Krukut sehingga saat hujan air malah menggenangi permukiman.

“Solusinya, ya, tunggu saya masuk dulu. Nanti kita laporin ke Qlue dulu,” katanya.

Hal tersebut juga karena kali yang terkena penutupan tembok oleh apartemen tersebut juga bagiannya merupakan danau yang airnya dikelola oleh PAM Jaya yang merupakan BUMD DKI.

Pada kesempatan itu, Basuki juga sempat menyalami seorang nenek dan meminta maaf kepada nenek yang sudah tua renta tersebut karena tempat tinggalnya masih kena banjir.

“Mohon maaf ya Bu, kalau masih banjir,” ujarnya.

Sementara sebagian warga meminta Basuki untuk membuat rumah susun (rusun) karena mereka kerap kebanjiran jika hujan turun atau sungai meluap.

“Bikin rusun Pak! Banjirnya di sini sampai leher,” katanya.

“Iya, nanti kita cari tanahnya dulu,” respons Basuki.

Sebelumnya beberapa waktu lalu ketika Basuki blusukan ke daerah Kebagusan, Jakarta Selatan juga ditemukan ada kali yang terhalang tembok sehingga aliran air dari area pemukiman warga tidak bisa masuk ke kali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here