Tagar #JokowiTakutFPI, Ini Tanggapan Presiden Jokowi

0
506
Hastag @JokowiTakutFPI Trending Topic di Indonesia

Tagar #JokowiTakutFPI, Ini Tanggapan Presiden Jokowi

Media sosial Twitter baru saja diramaikan dengan  tagar #JokowiTakutFPI, terhitung sampe Senin (19/12/2016) siang, tagar ini udah dicuitin lebih dari 6 ribu kali atau cuitan terbanyak di Trending Topic Indonesia.


Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya menanggapi keriuhan netizen dengan tagar #JokowiTakutFPI. Dalam kicauan di akun twitternya @Jokowi, Presiden memerintahkan aparat penegak hukum untuk tidak ragu menindak organisasi masyarakat (Ormas) yang melanggar hukum dan meresahkan masyarakat.

“Aparat hukum jangan ragu menindak tegas ormas yg melawan hukum dan meresahkan masyarakat –Jkw,” kicau Jokowi pada Senin (19/12/2016) malam.

Tidak dijelaskan lebih jauh, dalam konteks apa Jokowi memberikan pesan itu kepada aparat.

Sebelumnya, pada Senin sore di Istana, Jokowi sempat memanggil Kepala Polri Jenderal (Pol) Tito Karnavian.

Pemanggilan tersebut terkait adanya kepala satuan wilayah (kasatwil) Polri yang menjadikan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) sebagai dasar cara bertindak di lapangan.

Menurut Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Presiden Jokowi ingin agar kasatwil tetap berpegang teguh pada hukum positif yang berlaku di Indonesia terkait penerapan suatu kebijakan, bukan bersandar pada fatwa MUI.

Pramono menyayangkan kebijakan Kapolres Bekasi Kota dan Kapolres Kulon Progo yang menjadikan fatwa MUI sebagai dasar kebijakan. Menurut Pramono, hal itu berlebihan.

Pada Senin pagi, Presiden sempat memanggil sejumlah perwira tinggi Polri bintang satu dan bintang dua terkait instruksi itu.

“Hukum positif kita itu ada UU, PP, Perpres, Kepmen, dan seterusnya, termasuk Keputusan Kapolri sendiri. Sehingga, itu menjadi pegangan,” ujar Pramono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here