Timnas Indonesia Kalahkan Thailand 2-1

0
980
Tiga Pendaki Gunung Unesa Tersambar Petir, Satu Tewas

Liputan1.com-Timnas Indonesia Kalahkan Thailand 2-1

Dalam pertarungan yang sangat dramatis, Timnas Indonesia akhirnya mampu membalikkan ketertinggalan dan mengalahkan Thailand 2-1 pada laga leg pertama final Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu (14/12/2016) malam WIB.

Di babak pertama, Indonesia tertinggal 0-1 setelah Gol Teerasil Dangda menjadi pembeda di paruh pertama ini.

Indonesia yang tampil di depan dukungan puluhan ribu suporter Timnas Garuda tampil lebih agresif. Namun Thailand sempat mendapat peluang ketika Rizky Pora melakukan kesalahan back pass yang mampu direbut Sarawut Masuk yang langsung melepaskan sepakan mendatar. Beruntung masih melebar.

Pada menit 15, peluang emas didapatkan Thailand, Masuk menerima umpan panjang dari rekannya, dia kemudian melakukan umpan dengan sundulan kepada Chanatip. Namun tembakan Chanatip melambung tinggi.

Dua menit kemudian, Stefano Lilipaly meliuk cepat berusaha melewati dua pemain lawan, namun keputusan tembakan langsung yang dia lakukan sepertinya tergesa-gesa sehingga bola melebar jauh.

Sementara pada menit 20, Andik Vermansah yang mengalami cedera terpaksa digantikan Zulham Zamrun.

Menit 26, Lilipaly dari jarak jauh melepaskan tembakan. Namun, bola berhasil diblok oleh bek Thailand. Bola liar diterima oleh Ripora namun oleh hakim garis posisinya dianggap offside.

Di tengah upaya Indonesia mencetak gol, justru Timnas Garuda kebobolan pada menit 33. Berawal dari umpan Bunmathan ke kotak penalti, Dangda yang tidak terkawal pemain belakang Indonesia dengan mudah menyundul bola ke pojok kiri gawang Kurnia Meiga. Indonesia tertinggal 0-1.

Gol kelima Dangda di Piala AFF 2016 ini membuat Indonesia semakin agresif menyerang. Keluarnya Andik mempengaruhi minimnya kualitas serangan anak asuh Alfred Riedl.

Boaz sempat mendapat ruang melepaskan tendangan pada menit 36 tapi hanya mengenai jala lawan bagian luar.

Thailand kembali dapat peluang emas lima menit sebelum turun minum. Usai menerima umpan silang datar dari Masuk, Chanatip melepaskan tembakan yang sangat keras. Beruntung Meiga dalam posisi yang bagus untuk menangkap bola.

Di menit-menit akhir babak pertama serangan Thailand semakin berbahaya. Namun hingga babak pertama usai skor 0-1 untuk Thailand tidak berubah. Menarik ditunggu perubahan apa yang akan dilakukan Riedl di babak kedua untuk mengejar ketinggalan.

Di babak kedua, Indonesia memeca kebuntuan danĀ  menyamakan kedudukan pada menit 66 melalui tendangan dari jarak 20 meter yang dilesakkan Rizky Pora. Skor sementara imbang 1-1. Enam menit kemudian sundulan kepala Hansamu Yama membuat Indonesia berbalik unggul

Gol Rizky ini berawal dari akselerasinya yang membela lini tengah Thailand yang diakhiri dengan tendangan keras dari laur kotak penalti. Bola sempat mengenai pemain belakang Thailand sebelum bergulir masuk ke gawang yang dikawal Kawin Thamsatchanan.

Indonesia bisa membalikkan keunggulan pada menit 71 setelah Hansamu Yama kembali menjebol gawang Kawin. Peluang terakhir didapat Timnas Indonesia di menit ke-89 setelah tendangan keras Ferdinand Sinaga mampu diblok penjaga gawang Thailand dan mengarah ke Lerby. Sayang sundulan Lerby cukup lemah sehingga berhasil ditangkap Penjaga Gawang yang bertubuh tinggi besar itu

Skor akhir 2-1, wasit Jompei IIda meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan. Indonesia Menang, stadion bergumuruh. Indonesia tinggal membutuhkan hasil seri di leg kedua untuk memboyong gelar Piala AFF 2016. Semoga !

Susuanan pemain Indonesia vs Thailand:

Indonesia (4-5-1)
1-Kurnia Meiga, 2-Beny Wahyudi, 3-Abduh Lestaluhu, 16-Fachruddin, 23-Hansamu Yama, 25-Manahati Lestusen, 19-Bayu Pradana, 14-Rizky Pora, 8-Stefano Lilipaly, 21-Andik Vermansah, 7-Boaz Solossa

Cadangan: 22-Teja Paku Alam, 26-Andritany, 4-Abdul Rachman, 6-Evan Dimas, 9-Ferdinan Sinaga, 10-Zulham Zamrun, 11-Dedi Kusnandar, 12-Lerby Eliandy, 13-Yanto Basna, 17-Muchlis Hadi, 18-Bayu Gatra, 27-Gunawan Dwi Cahyo

Pelatih: Alfred Riedl

Thailand (4-2-3-1)
1-Kawin Thamsatchanan, 3-Theerathon Bunmathan, 5-Adison Promrak, 15-Koravit Namwiset, 19-Tristan Do, 4-Kroekrit Thaweekarn, 6-Sarach Yooyen, 18-Chanathip Songkrasin, 21-Pokklaw Anan, 14-Sarawut Masuk, 10-Teerasil Dangda

Cadangan: 20-Sinthaweechai Hathairattanakool, 23-Chanin Sae-ear, 2-Peerapat Notchaiya, 7-Charyl Chappuis, 9-Siroch Chatthong, 11-Mongkol Tossakrai, 12-Adul Lahsoh, 16-Pratum Chuthong, 17-Tanaboon Kesarat, 29-Rungrath Poomchantuek, 35-Prakit Deeprom, 36-Pravinwat Boonyong

Pelatih: Kiatisuk Senamuang

Wasit: Jumpei Iida (Jepang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here