Mobil Elektrik UPI Bandung Unjuk Gigi di Lintasan Ferrari Italia

0
496
Mobil Elektrik UPI Bandung Unjuk Gigi di Lintasan Ferrari Italia

Liputan1.com-Mobil Elektrik UPI Bandung Unjuk Gigi di Lintasan Ferrari Italia

Turangga Cheta Ev4, buatan mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung unjuk gigi di lintasan balap milik Ferrari di Sirkuit Fiorano, Maranello, Italia.

Meluncur dengan kecepatan 60 hingga 70 km per jam, mobil Tim Bumi Siliwangi yang memiliki bobot 80 kilogram (kg) sanggup melesat di lintasan sirkuit Fiorano dalam sebuah event hasil kerja sama inovasi antara Ferrari dan Shell, yang bertajuk Most Efficient Lap.

Ramdhani, pengemudi Tim Bumi Siliwangi menjadi orang Indonesia pertama yang menguji coba track Fiorano Circuit dengan menggunakan mobil hasil karya timnya.

“Dapat mengendarai Turangga Cheta Ev4 di sirkuit yang permukaannya kasar sangat menantang kreativitas saya untuk bisa mencapai efisiensi yang maksimal. Ini berbeda dengan lintasan jalan raya Luneta Park, Filipina yang cenderung lurus dan nyaris tanpa tikungan. Demikian juga dengan lintasan Queen Elizabeth Olympic Park, London yang memiliki tanjakan terjal,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini, Tim Bumi Siliwangi juga mendapatkan pengetahuan dan wawasan berharga dari tim teknis Scuderia Ferrari untuk meningkatkan performa mobil ciptaan terbarunya sebelum tampil pada ajang Shell Eco-marathon Asia 2017 di Singapura pada Maret mendatang.

Mattia Binotto, Chief Technical Officer Scuderia Ferrari, mengatakan, “Para mahasiswa dari tim Bumi Siliwangi telah menghabiskan seminggu bekerja bersama kami melalui berbagai workshop di Museo Ferrari dan belajar lebih banyak mengenai bagaimana cara kami bekerja sebagai sebuah tim.”

Selain tim Bumi Siliwangi, ada empat tim lain yang diundang ke ajang ini sebagai pemenang Shell Eco-marathon Eropa 2016, yaitu tim Arc Team (Swiss) dan tim H2polit O (Italia) dengan mobil UrbanConcept yang menggunakan sumber energi ethanol, tim Schluckspecht (Jerman) dengan mobil prototype baterai elektrik, dan tim Microjoule La Jaliverie (Perancis) yang memboyong mobil protoype bensin.

Kelima tim tersebut juga mendapatkan tips dan trik langsung dari Marc Genè , test driver Scuderia Ferrari yang pernah memenangkan Le Mans 24 Hours pada tahun 2009.

Sementara itu, Shell Eco-marathon Asia ke-8 rencananya akan berlangsung untuk pertama kalinya di Singapura dalam acara Make The Future Singapore. Kegiatan ini merupakan sebuah acara publik empat hari yang menampilkan ide-ide cemerlang tentang energi dan solusi yang membahas tantangan energi global.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here