Presiden Korsel Diberhentikan

0
865
Presiden Korsel Diberhentikan

Liputan1.com-Presiden Korsel Diberhentikan

Parlemen Korea Selatan secara resmi memakzulkan Presiden Korea Selatan, Park Geun-hye resmi dimakzulkan oleh parlemen di Negeri Gingseng itu pda Jumat (9/12). Sebanyak 234 anggota parlemen menyetujui pemakzulan (impeachment) Park Geun-hye karena skandal korupsi.

Keputusan pemakzulan disahkan melalui hasil voting. Hanya 56 anggota parlemen yang menolak pemakzulan.

Sedangkan tujuh orang didiskualifikasi, dua anggota abstain serta satu anggota tidak berpartisipasi.

Keputusan parlemen memakzulkan Presiden Park ini akan dilimpahkan ke Mahkamah Konstitusi untuk memutuskan apakah Park akan diberhentikan atau tidak dari jabatannya.

Dilansir Reuters hari ini (9/12), Perdana Menteri Hwang Kyo-ahn akan mengambil alih jabatan Park sampai pengadilan memberikan putusan, sebuah proses yang bisa memakan waktu hingga 180 hari.

Apabla pemakzulan disetujui MK, Presiden Park tidak akan lagi menerima layanan yang seharusnya didapat mantan presiden, termasuk uang pensiun, sekretaris, sopir, dan biaya medis. Namun ia tetap dapat menerima perlindungan keamanan.

Pemakzulan terhadap Park menguat atas desakan partai oposisi sejak pekan lalu. Partai itu mengatakan Park melanggar konstitusi dan undang-undang dengan membiarkan sahabatnya, Choi Soon-sil, mempengaruhi kebijakannya dengan mencampuri urusan negara untuk kepentingan pribadi.

Park Geun-hye, 64 tahun, berada di bawah tekanan kuat untuk mengundurkan diri segera. Masyarakat turun ke jalan setiap Sabtu menyerukan penggulingannya.

Dia dituduh berkolusi dengan temannya untuk menekan pemilik perusahaan besar menyumbangkan uang kepada dua yayasan nonprofit. Presiden Park membantah melakukan kesalahan itu tapi meminta maaf atas kecerobohan dalam berhubungan dengan Choi Soon-sil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here