Timnas Indonesia Seperti Leicester City

0
377
Top Skor AFF 2016 Hingga Final, Teerasil Dangda Memimpin Boaz Mengincar

Liputan1.com-Timnas Indonesia Seperti Leicester City

Media luar negeri menyamakan penampilan Timnas Indonesia yang tampil cukup menjanjikan di  Piala AFF 2016 bisa mengikuti jejak Leicester yang sukses menjuarai Premier League musim lalu meski bukan tim unggulan.

Timnas Indonesia memang masih harus melakoni tiga tantangan untuk mewujudkan mimpi merengkuh gelar juara Piala AFF untuk pertama kalinya. Tantangan pertama adalah mempertahankan keunggulan 2-1 kala menghadapi Vietnam di leg kedua semifinal Piala AFF 2016.

Sebelum pertandingan di Stadion My Dinh, Hanoi, yang berlangsung Rabu (7/12) mendatang, timnas Indonesia menyimpan tabungan kemenangan 2-1 atas Vietnam pada leg pertama yang berlangsung di Stadion Pakansari, Cibinong, akhir pekan lalu.

Dilansir Fox Sport, timnas Indonesia yang empat kali mencapai babak final Piala AFF itu memiliki pemain-pemain yang menjanjikan seperti Boaz Solossa di ujung tombak, Andik Vermansah di sayap kanan. Performa gelandang yang bermain di divisi dua Belanda, Stefano Lilipaly pun menjadi sorotan positif di lini tengah

Namun, skuat Indonesia harus berhati-hati di Hanoi. Disebutkan bahwa timnas Vietnam yang menjadi juara grup B dengan kemenangan sempurna sebelum lolos ke babak semifinal itu adalah tim yang beretos kerja tinggi.

“Lari yang tak pernah berhenti, kerja keras yang luar biasa dan intensif, Vietnam akan berjuang untuk mencuri tiket (babak final),” demikian dilansir dari Fox Sport Asia.

“Kami masih memiliki sebuah pertandingan kandang jadi kami masih memiliki peluang besar (ke babak final),” kata pelatih timnas Vietnam, Nguyen Huu Thang.

Koresponden sepak bola Asia untuk media elite Eropa dan Amerika seperti The Guardian, BBC, ESPN, dan New York Times, John Duerden mengatakan permainan timnas Indonesia saat ini menunjukkan identitas yang baru.

“Tidaklah prematur untuk mengatakan Indonesia bisa menjadi juara. Itu tetap memungkinkan. Vietnam dan Thailand mungkin masih lebih kuat tetapi tidak ada tim mana pun (di Asia Tenggara) bisa melakukan seperti Merah Putih ketika berubah jadi semangat, energi, serta intensitas (etos permainan),” tulis Duerden dalam analisisnya untuk Fox Sport.

 “(Berharap) menyaksikan (kapten timnas Indonesia) Boaz Solossa mengangkat trofi pada Desember ini akan menjadi penutup tahun seperti yang pernah kita lihat oleh tim yang tak pernah sukses–seperti Leicester–dengan cara yang sempurna.”

Namun, Indonesia tak akan mudah begitu saja. Selain Vietnam, jika pun tembus ke final timnas Indonesia harus menghadapi antara Thailand dan Myanmar. Thailand di fase gugur mengalahkan timnas Indonesia 4-2, sementara Myanmar dalam uji coba jelang Piala AFF bermain imbang tanpa gol dengan Indonesia.

“Indonesia harus memainkan kekuatan mereka yaitu serangan dan harus begitu, jika memungkinkan, dari menit pertama hingga selesai. Mereka harus bersemangat, berenergi, dan percaya diri,” tulis Duerden.

“Tidak akan ada yang akan meremehkan Indonesia sekarang terutama tahun 2016 ini, ini adalah tahunnya tim-tim kuda hitam.” (pojoksatu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here