Piala Budhe Karwo 2016, Putri Matador Jakarta Satu-satunya Peserta dari Luar Jawa Timur

0
742
Piala Budhe Karwo 2016, Putri Matador Jakarta Satu-satunya Peserta dari Luar Jawa Timur

Piala Budhe Karwo 2016, Putri Matador Jakarta Satu-satunya Peserta dari Luar Jawa Timur

Gengsi turnamen sepakbola wanita Piala Bude Karwo 2016 semakin meningkat.  12 tim dipastikan ikut berpartisipasi dalam turnamen yang digelar 15-19 Desember di lapangan Kodam V Brawijaya. Ajang tahun ini berhadiah total Rp 40 juta.

Tiap tahun jumlah peserta Piala Bude Karwo selalu meningkat. Jika tahun 2015 lalu, jumlah peserta Piala Bude Karwo sebanyak 10 tim. Tahun 2016, meningkat menjadi 12 tim. Tak hanya dari Jatim, tim dari luar Jatim juga tertarik untuk berpartisipasi. Satu-satunya tim dari luar Jawa Timur yang bersatus  tim tamu adalah Putri Matador FC Jakarta.

“Kita memang diundang untuk kedua kalinya dalam turnamen tahunan Piala Budhe Karwo Cup . Ini memang momentum yang sangat bagus, karena memang saat ini sepakbola wanita tertinggal. Tahun kemarin ada beberapa even yang kita ikutin, dan di akhir tahun ini kita menjadi satu satunya tim tamu dari luar Jawa Timur,” Kata H Heru Pujihartono, pemilik klub Putri Matador Jakarta FC dalam sesi jumpa pers dengan wartawan SIWO di Lantai 10 gedung KONI Jakarta, Senin (5/12)

Pemilik Nendia Primarasa Catering ini menambahkan bahwa hasil dari technical meeting yang dilaksanakan kemarin (4/12) di Surabaya, dari total 12 tim, ada 9 peserta yang hadir

“Memang benar peserta piala Bude Karwo tahun ini meningkat. Tahun ini diikuti 12 tim yang dibagi dalam 3 grup, masing masing grup berisi 4 tim,” lanjutnya.

Selain Putri Jakarta Matador FC, 11 tim lainnya adalah juara bertahan putri Surabaya, putri Sidoarjo, putri Blitar, putri Kota Kediri, putri Kirana Kabupaten Kediri, putri Magetan, putri Tulungagung, putri Trenggalek, putri Jember, Unmuh Jember dan IKIP Budi Utomo Malang.

“Dua belas tim peserta ini sudah terbilang cukup banyak dan terpaksa kami batasi. Kalau tak dibatasi, panitia kewalahan,” ujarnya seraya menambahkan turnamen tahunan ini berhadiah total Rp 40 juta.

Penyelenggaraan turnamen piala Bude Karwo ini mendapat dukungan penuh dari KONI Jatim. Sebab, jarang ada turnamen sepakbola yang bisa seeksis Piala Bude Karwo di Indonesia.

“Eksisnya sepak bola wanita di Indonesia, harus kita dukung. KONI akan mengusahakan cabor sepak bola wanita masuk dalam eksebisi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) bahkan Pekan Olahraga Nasional (PON),” kata Direktur Utama Badan Pelaksana Puslatda KONI Jatim Dhimam Abror Djuraid.

Selama ini memang sepak bola wanita di Indonesia tak sepopuler olahraga lainnya, bahkan seperti adiknya futsal. Dalam beberapa tahun ini, futsal wanita sudah bergulir kompetisi resmi yakni Women Pro Futsal League.

“Sepak bola wanita sepertinya tidak dianggap dalam organisasi. Bahkan, lebih dari dianaktirikan, kalau dianaktirikan masih dinafkahi meskipun sedikit. Kalau ini tidak sama sekali,” ungkapnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here