IBL 2017 Hanya Diikuti 11 Klub, Stadium Jakarta Mundur

0
512
IBL 2017 Hanya Diikuti 11 Klub, Stadium Jakarta Mundur

Liputan1.com-IBL 2017 Hanya Diikuti 11 Klub, Stadium Jakarta Mundur

Direktur Utama Liga Basket Indonesia (IBL) Hasan Gozali memastikan akan ada 11 tim yang ikut dalam gelaran IBL 2017. Stadium Jakarta jadi satu-satunya tim yang absen di musim ini.

Hasan menyebut Aspac telah menyatakan kesediaan mereka untuk ikut kompetisi IBL lewat surat resmi yang dikirimkan ke IBL. Aspac juga menyetujui persyaratan yang menyebutkan bahwa mereka tidak akan mendapatkan subsidi dari operator liga di dua tahun pertama dan baru mendapatkan subsidi sebesar 50 persen atau Rp200 juta di tahun ketiga.

“Sejauh ini sudah fix 11 tim. Stadium tetap merasa keberatan dan memilih tidak ikut,” kata Hasan melalui sambungan telepon kepada CNNIndonesia.com, Kamis (1/12).

“Pada tanggal 27 November, mereka (Stadium) sudah kirim surat keberatan dengan persyaratan ini. Mereka cenderung pilih mundur. Sangat disayangkan, padahal Stadium tim yang lumayan bagus,” tutur Hasan.

Dengan keterbatasan waktu yang ada, Hasan pun menyebut tidak mungkin untuk menunggu Stadium hingga akhir tahun ini. Pasalnya, pada 5 Desember mendatang, operator liga akan segera mengumumkan pemain asing yang akan bergabung dengan masing-masing tim peserta.

Sebenarnya, kepastian 11 tim yang bakal tampil di IBL 2017 sangat tidak ideal menurut Hasan. Pastinya bakal ada satu pool yang berisi enam tim dan satu lagi berisi lima tim.

“Tapi nanti yang lima tim salah satunya akan ada yang mendapatkan satu poin ekstra melalui ‘bye’, sedangkan pool yang berisi enam tim tetap akan bertemu masing-masing dua kali. Dengan demikian jumlah total game-nya akan kembali seimbang,” jelas Hasan.

Menyoal budget, Hasan mengatakan operator liga masih bisa menanganinya. Hanya saja, jumlah seri per satu musimnya akan berubah, dari sebelumnya lima seri menjadi delapan seri dan di masing-masing seri hanya akan berlangsung selama tiga hari.

“Jadi nanti Jakarta akan tiga kali menggelar seri, Bandung dua kali, sisanya Semarang, Yogyakarta dan Surabaya masing-masing sekali.”

“Meski bertambah, tidak ada pembengkakan budget. Mobilitas Jakarta-Bandung masih memungkinkan,” jelasnya.

Terkait pemain asing, saat ini ada 112 pemain asing yang daftar nama-namanya sudah dipegang oleh 11 tim perserta. Saat ini, masing-masing tim sedang mempelajari 112 pemain asing itu.

“Nanti akan di kocok lagi pada tanggal 5 Desember untuk kejelasan tim mana yang akan menggunakan pemain asing yang ada di daftar,” kata Hasan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here