Pemerintah Blokir Situs Resmi Habieb Rizieq

0
588
FPI Tuding Kemenkominfo Dukung Ahok

Liputan1.com-Pemerintah Blokir Situs Resmi Habieb Rizieq

Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) memblokir situs resmi Habieb Rizieq Shihab, yakni www.habibrizieq.com. Kemenkominfo menyatakan, pemblokiran dilakukan lantaran situs tersebut meresahkan masyarakat.

Pemerintah Blokir Situs Resmi Habieb Rizieq
Pemerintah Blokir Situs Resmi Habieb Rizieq

“Sejak 26 November sudah diblokir,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Biro Humas Kemenkominfo, Noor Iza, Kamis (1/12/2016).

Meski memblokir situs itu, Kemenkominfo menyatakan tak ada masalah dengan sosok Habib Rizieq.

“Ini bukan karena Habib Rizieq-nya, namun karena kontennya. Pertimbangannya, isinya berpotensi menimbulkan keresahan yang besar di masyarakat,” kata Noor.

Dia menjelaskan, pemblokiran dari Kemenkominfo dilakukan dengan meminta semua penyelenggara jasa internet (PJI/ISP). Meski semua PJI diminta memblokir, namun ada yang sudah melaksanakannya dan ada yang belum.

“Yang melaksanakan adalah ISP. Kami me-request ke ISP, tinggal ISP melaksanakan dalam waktu yang cepat atau agak belakangan,” kata Noor.

Melalui sebagian PJI, situs itu masih bisa diakses. Namun sebagian PJI lainnya sudah tak bisa digunakan untuk mengakses situs itu, kecuali hanya menampilkan laman ‘Internet Positif’, dan sebagian lagi menampilkan laman ‘Oops! Maaf, akses anda ke halaman ini di blokir karena muatan konten negatif sesuai dengan Peraturan Menteri Kominfo No 19 Tahun 2014 tentang Penanganan Situs Internet Bermuatan Negatif’.

Habib Rizieq diketahui menjadi pentolan yang menggerakkan jutaan massa dalam Aksi Bela Islam I dan II.

Pria lulusan King Saudi University ini merupakan Dewan Pembina Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI), yang fokus pengawal penanganan kasus dugaan penistaan agama oleh Gubernur DKI Jakarta nonaktif, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

GNPF MUI sendiri merupakan organisasi yang bertekad menggelar Aksi Bela Islam III pada 2 Desember 2016 mendatang. Dimana, dalam unjuk rasa nanti, GNPF MUI akan menuntut pihak Kepolisian untuk menahan Ahok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here