Presiden Jokowi Targetkan 3 Juta Nelayan Dapat Asuransi

0
630

Liputan1.com-Presiden Joko Widodo menyatakan pemerintah sudah memberikan kartu asuransi untuk 1 juta nelayan dari Sabang sampai merauke terkait dengan jaminan keselamatan nelayan.

Sebelum menyampaikan sambutan peresmian pengoperasian Pelabuhan Perikanan Untia Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (26/11), Presiden Joko Widodo terlebih dahulu menyaksikan penyerahan Kartu Asuransi Nelayan kepada 18 orang perwakilan penerima se-Sulsel serta enam orang perwakilan keluarga penerima Klaim Asuransi Kematian Nelayan.

“Yang berkaitan dengan asuransi, pemerintah telah memberikan kurang lebih satu juta asuransi dari Sabang sampai Merauke dengan premi 175 ribu rupiah per tahun. Untuk apa? Untuk memberikan jaminan agar bila terjadi sesuatu di laut, keluarga yang ditinggalkan mendapatkan jaminan kehidupan masa depan bagi anak dan istrinya,” terang Presiden.

“Nantinya setiap tahun kita naikkan 1 juta. Nanti ada anggaran bisa dinaikkan 2 juta, ada anggaran lagi dinaikkan 3 juta nelayan,” kata Presiden saat meresmikan Pelabuhan Untia di Makassar, seperti dilansir situs Sekretaris Kabinet, Sabtu (26/11).

Dia menuturkan kartu asuransi itu guna memberikan jaminan agar keluarga yang ditinggalkan nelayan mendapatkan jaminan masa depannya.

Untuk diketahui, asuransi bagi para nelayan tersebut akan memberikan jaminan sebesar Rp. 200 juta bagi keluarga nelayan yang meninggal saat berada di lautan, Rp. 160 juta bagi para nelayan yang mengalami kecelakaan kerja, Rp. 80 juta bagi para nelayan yang mengalami cacat, serta Rp. 20 juta sebagai plafon untuk pengobatan. Selain itu, diberikan pula bantuan berupa lima unit kapal penangkap ikan 3 Gross Tonnage (GT) senilai 768.245.000 rupiah dan beberapa jenis bantuan bagi para nelayan lainnya.

Di sisi lain, Presiden mengingatkan, target ekspor perikanan Sulawesi Selatan sangat besar, yakni 10 persen dari total ekspor ikan nasional. Oleh karena itu, pengembangan Pelabuhan Untia yang baru diresmikan oleh Presiden itu diharapkan menjadi sentra pengembangan dengan pelabuhan pelabuhan perikanan lainnya

Turut hadir mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Staf Khusus Presiden Johan Budi, dan Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here