Kota Malang Dihantam Banjir

0
589
Kota Malang Dihantam Banjir

Liputan1.com-Kota Malang Dihantam Banjir

Hujan deras yang melandakawasan Kota Malang menyebabkan sejumlah ruas jalan raya dan perumahan warga tergenang, Sabtu (26/11/2016).

Berdasar pantauan dari grup media sosial (baca: facebook) Komunitas Peduli Malang (ASLI Malang), banjir terjadi di beberapa titik. Yakni di seputaran jalan Bendungan Sutami-jalan Terusan Surabaya-jalan Galunggung.

Salah satu ruas jalan yang mengalami genangan air paling tinggi terpaksa ditutup warga. Ruas jalan raya yang ditutup adalah Jalan Raya Galunggung di Kelurahan Gading Kasri, Kecamatan Klojen. Ketinggian air di jalan itu mencapai 1,5 meter atau setinggi dada orang dewasa.

“Ini parah mas. Biasanya tidak seperti ini,” kata warga setempat, Muad (40).

Ia menjelaskan, biasanya jalan raya itu memang selalu tergenang setiap ada hujan turun, namun ketinggian air tidak begitu parah. Hanya setinggi betis orang dewasa.

Sementara warga lainnya, Hasyim mengatakan, warga terpaksa menutup jalan tersebut. Selain tergenang air, material banjir juga bertebaran, sehingga jalan itu tidak memungkinkan untuk dilewati kendaraan.

“Kalau tidak ditutup rumah yang kecil – kecil bisa rusak,” ungkapnya.

Menurutnya, genangan air itu disebabkan oleh luapan dari Sungai Galunggung yang tidak muat menampung air hujan. Anita, warga lainnya mengaku heran dengan banjir saat ini. Sebab biasanya, genangan air tidak sampai masuk ke rumahnya.

“Biasanya hanya sebetis dan tidak masuk rumah. Sekarang kok sampai masuk ke dalam rumah,” jelasnya.

Ia menyebut, banjir serupa terjadi sekitar dua tahun yang lalu. Hujan yang melanda kawasan Malang memang cukup deras. Hujan mulai turun sekitar pukul 13.00 WIB dan berhenti sekitar 14.30 WIB.

Selain jalan Galunggung, ruas jalan yang ikut tergenang juga ada di di Jalan Soekarno-Hatta dan Jalan Bendungan Sutami. Warga harus membersihkan material banjir di ruas jalan tersebut setelah air mulai surut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here