9 Terduga Teroris 411 Sudah Berlatih Siapkan Teror

0
484
9 Terduga Teroris 411 Sudah Berlatih Siapkan Teror

Liputan1.com-9 Terduga Teroris 411 Sudah Berlatih Siapkan Teror

erduga teroris yang ditangkap tim Densus 88 Antiteror diketahui menyusup dalam demonstrasi 4 November lalu. Total ada 9 orang yang terlibat dalam perencanaan teror, namun gagal dilakukan.

“Mereka ikut merancang pelatihan dan berencana ikut chaos dalam demo 4 November,” kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen (Pol) Boy Rafli Amar kepada wartawan di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (26/11/2016).

Kesembilan terduga teroris yang sudah ditetapkan sebagai tersangka ditangkap di Bekasi dan Jakarta. Mereka berinisial S alias AM, A, RS, DA, WW, IA, F, Z, AS.

“Secara umum mereka terdeteksi sebagai pemuda yang melakukan bai’at, langsung ke pimpinan ISIS,” sambungnya.

Tersangka S diduga aktif berbicara soal dukungan terhadap ISIS dan mendukung pemberangkatan orang-orang ke Suriah. Sedangkan tersangka A diketahui dibai’at di rumah ibadah di Jakarta Pusat.

“RS perannya membantu rekannya ke Suriah, mengantarkan bahkan melakukan penjemputan mereka kembali,” imbuh Boy.

Sedangkan tersangka DA pernah ke Suriah dengan bantuan orang lain namun gagal karena persoalan tiket. Tersangka berinisial WW mengikuti proses pelatihan dan membantu rekannya berangkat ke Suriah.

“IA menyiapkan misi untuk membuat wilayah Daulah Islamiyah. F termasuk dalam kelompok bai’at ISIS dengan peran menyiapkan rekan-rekannya untuk berangkat,” sambungnya.

Tersangka Z menurut Boy mengikuti kajian khilafah yang dipimpin tersangka F. Z juga ikut dalam pelatihan.

Sedangkan tersangka AS diketahui ikut dalam proses pelatihan rencana teror juga memalsukan dokumen-dokumen seperti KTP, KK dan akta kelahiran.

“Dia juga membantu memberangkatkan kawan-kawannya sekitar 26 orang. Saat ini nama mereka (yang diberangkatkan) sedang ditelusuri,” imbuh Boy.

Kesembilan tersangka teroris dijerat dengan UU Nomor 15 Tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme. “(Dijerat sangkaan) tentang rencana permufakatan jahat dan aksi teror pidana,” sebut Boy.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here