Keren Banget Spirit Babacakan di Banten Beach Festival 2016

0
704

LIPUTAN1.COM, BANTEN – Gaung Banten Beach Festival 2016 sebentar lagi akan keras terdengar. Perhelatan yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Banten itu akan digelar dengan Spirit Babacakan pada tanggal 25 hingga 27 November 2016, mendatang, di Pantai Wirton, Karang Suraga, Cinangka, Banten.

Kepala Disbudpar Banten Opar Sohari mengatakan, perhelatan tersebut dilaksanakan dalam rangka meningkatkan promosi budaya dan pariwisata Provinsi Banten di tingkat nasional dan mancanegara, serta mendukung program nasional 20 juta wisatawan pada tahun 2019.

” Agenda Banten Beach Festival ini mengangkat tema besar yaitu Spirit Babacakan. Tema ini sangat cocok untuk Pariwisata Banten dan Indonesia,”ujar Opar. Opar memaparkan, pesan dari tema ini adalah ingin memperkenalkan semangat kebersamaan dalam Pariwisata dan Budaya. Spirit Babacakan, imbuh Opar, mencerminkan budaya Asli masyarakat Banten yang selalu senantiasa bergotong royong serta bersama dalam membangun kearifan lokal.

” Jadi semua elemen bergabung bersama berjuang untuk Pariwisata. Ini sesuai dengan instruksi Kementerian Pariwisata melalui Pentahelix atau biasa disebut dengan ABCGM yakni Akademisi, Bisnis, Community,Government dan Media. Pariwsiata harus di Bangun secara bersama dengan para pihak terkait dengan Spirit Babacakan sebagai Nyawanya,”ujar Opar.

Sedangkan terkait dengan tujuan pelaksanaan ? Opar menjabarkan bahwa BBF 2016 bertujuan untuk memperkenalkan khazanah budaya dan pariwisata Banten serta mempromosikan objek wisata budaya dan pariwisata Banten dan meningkatkan daya tarik dan minat kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara.

”Sounding gagasan ini biar Pariwisata Banten terus berkembang, mampu bersaing dengan daerah lain bahkan negara lain, dan dibangun dengan semangat Babacakan atau Spirit Babacakan. Mengajak Seluruh element masyarakat, menyuarakan Spirit Babacakan ini hingga terdengar dan menggema ke seluruh Nusantara bahkan Seluruh Dunia,”jelasnya.

Babacakan adalah istilah bahasa sunda yang artinya Makan bareng. Ini adalah salah satu kebiasaan orang sunda yang bertujuan untuk mendapatkan kenikmatan berbeda dari makan ketika dengan hanya makan sendiri. Kegiatan makan bersama ini yang biasanya dilakukan disuatu tempat yang dirasa cocok untuk melakukan babacakan tersebut, biasanya di Pantai, Gunung , Danau, atau Tempat Rekreasi lainya.

Babacakan pada umumnya dilakukan pada acara-acara tertentu misalnya menyambut bulan suci Ramadhan, Syukuran namun ada pula yang sekedar senang-senang. Unik babacakan itu nasi dan lauk pauknya diletakan diatas daun pisang dan diletakan begitu saja di atas tanah. ” Kebersamaan akan memenangkan pertarungan apapun,”tambah Opar.

Kata Opar, ada beberapa manfaat yang bisa diambil dari acara babacakan ini, selain menambah kenikmatan dalam makan, babacakan juga bisa menguat eratkan tali silaturahmi sesama saudara, teman, kerabat, handai taulan dan sebagainya karena pada intinya acara ini adalah salah satu bentuk kebersamaan.

Lantas bagaimana dengan rangkaian acara Banten Beach Festival 2016 ? Perhelatan tersebut banyak menyuguhkan acara diantaranya lomba fotografi, Babacakan Competition, lomba watersport, penampilan debus, pameran produk unggulan dan penampilan spesial dari Rika Roeslan, Ali Zaenal, Sarah Vi, Band Raggae Momonon dan penampilan khas Banten lainnya.

”Produk-Produk Khas Banten baik kerajinan tangan maupun makanan khas di sajikan dalam acara ini. Selain menyajikan produk khas ada juga Kegiatan watersport akan dikoordinir oleh Balawisata Carita Banten,”jelasnya. Untuk lomba dan kegiatan ? juga dijamin menarik. Opar menambahkan akan dilakukan berbagai lomba dan kegiatan seperti ; long swim, run swim run, beach spirit, board race, beach relay, beach flags, dan tube rescue race.

Sedangkan untuk fotografi bekerjasama dengan komunitas Instagram Banten dengan mengambil tema 7 Wonderful Banten, dimana para finalisnya telah diumumkan di Gebyar Wisata Banten di Tangcity pada tanggal 10-13 November 2016.

”Banten Beach Festival 2016 ini, menjadi puncak rangkaian Exciting Banten In November, menargetkan 40.000 Wisatawan hadir meramaikan dan ikut serta dalam Spirit Babacakan, sehingga diharapkan festival ini dapat menghidupkan sektor ekonomi masyarakat,”tandasnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here