Elpiji 3 Kg Tahun Depan Pakai Kartu Subsidi Khusus

0
607
Elpiji 3 Kg Tahun Depan Pakai Kartu Subsidi Khusus

Elpiji 3 Kg Tahun Depan Pakai Kartu Subsidi Khusus

gas elipiji ukuran tiga kilogram atau gas melon akan diatur lebih ketat mulai 2017 mendatang. Setiap warga Indonesia yang hendak membeli gas elpiji tersebut harus memiiki kartu subsidi khusus. Diungkapkan Wiratmaja Puja selaku Direktorat Jenderal Migas Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Kementrian ESDM segera melakukan sosialisasi penggunaan kartu untuk membeli gas tersebut pada Januari dan Februari 2017.

“Bulan Januari-Febuari kita terus berlakukan sosialisasi terhadap masyarakat, Maret kita sudah mulai secara bertahap,” katanya seperti dikutip dari laman Merdeka.

Pemberlakukan kartu untuk membeli gas elpiji tiga kilogram ini sebagai salah satu alternatif penyaluran subsidi bagi warga yang memiliki penghasilan rendah. Nantinya kartu subsidi diserahkan kepada warga yang punya hak memilikinya. Warga yang berhak mendapatkan kartu akan terdata melalui kartu tersebut. Setiap bulannya setiap kartu diisi oleh pemerintah.

“Subsidi langsung berupa kartu nantinya akan diisi setiap bulan oleh pemerintah sehingga masyarakat dapat membeli,” ujar Wiratmaja .

ESDM bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) dan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) untuk menentukan siapa saja yang berhak memperoleh subsidi langsung untuk gas melon ini. Di samping itu, nantinya akan dibatasi jumlah tabung gas yang bisa dibeli setiap bulannya. Program ini diharapkan sudah bisa diterapkan di semua daerah Pulau Jawa pada akhir 2017.

“Untuk masyarakat berpenghasilan rendah hanya diberikan tiga jatah gas elpiji 3 kg setiap bulannya,” tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here