Surabaya Punya Lapangan Softball dan Hoki Bertaraf Internasional

0
1578
Surabaya Punya Lapangan Softball dan Hoki Bertaraf Internasional

Liputan1.com-Surabaya Punya Lapangan Softball dan Hoki Bertaraf Internasional

Walikota Surabaya Tri Rismaharini dijadwalkan meresmikan dua sarana olahraga yang ada di Jalan Darmawangsa pada 23 Nopember mendatang.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Surabaya, Afghani Wardhana menuturkan lapangan hoki yang akan diresmikan walikota sudah sesuai standar dari Internasional Hockey Federation (IHF).

“Ke depan kita sudah bisa menyelenggarakan kejuaraan hoki bertaraf internasional,” ujar Afghani Wardhana, Jumat (18/11/2016).

Untuk rumput yang digunakan, Afghani menjelaskan sengaja di import dari Australia. Itu artinya rumput yang dipakai sama persis dengan yang digunakan di Senayan.

“Kualitas lapangan hoki sudah banyak mendapat pujian baik dari lokal maupun internasional,” jelasnya.

Untuk alokasi anggaran pembangunan lapangan hoki, di APBD tahun 2015 dianggarkan sebesar Rp 3 miliar. Kemudian di APBD tahun 2016, pengadaan rumput sintetis, sebagai tahap penyelesaian lapangan dialokasikan Rp 21 miliar.

“Memang terbilang mahal. Kami sempat survei ke Jakarta untuk melihat rumput sintetis yang layak dan diizinkan oleh persatuan hoki internasional,” tandas Afghani.

Menurut Afghani, untuk saat ini lapangan hoki sebenarnya sudah digunakan beberapa klub yang ada di kota pahlawan. Setelah diresmikan walikota, pihaknya juga akan langsung menggelar turnamen hoki dan softball.

“Nanti setelah diresmikan langsung digelar turnamen. Untuk hoki peserta dari luar daerah yang ikut salah satunya dari Semarang,” imbuhnya.

Sementara terkait stigma sebagian kalangan bahwa olahraga hoki dan softball hanya untuk kalangan menengah ke atas, mantan Sekretaris DPRD Kota Surabaya ini secara tegas membantahnya. Menurutnya, kedua olahraga tersebut sama dengan cabang olahraga (Cabor) lainnya.

“Kalau ada yang mengatakan hanya untuk kalangan menengah ke atas saya kurang sependapat. Semua fasilitas olahraga yang kita bangun sesuai dengan komitmen kita untuk mewadahi semua Cabor,” tegas Afghani

Afghany menjelaskan, lapangan hockey dan lapangan soft ball yang ada di kawasan Dharmawangsa itu berstandar internasional. Itu merujuk pada kualitas rumputnya yang berkualitas, serta ukurannya yang disesuaikan dengan standar internasional. Semisal untuk ukuran lapangan hoki, menurut ukuran resmi dari Hockey Federation International (FIH), luas lapangannya 91,4 m × 55 m, ukuran gawang (tinggi 2.14 m dan lebar 3,66 m), jalur di lapangan: 22,90 m dari setiap akhir-line, lalu titik penalti berukuran diameter 0,15 m dan lingkaran penembakan adalah 15 m dari garis dasar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here