Megawati Soal Ahok Jadi Tersangka

0
572
Megawati Soal Ahok Jadi Tersangka

Megawati Soal Ahok Jadi Tersangka

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengatakan partainya menghormati proses hukum atas Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Meskipun begitu, ia mengingatkan untuk tetap menggunakan asas praduga tak bersalah.

Ia mengatakan Indonesia adalah negara hukum dan setiap warga negara berkedudukan sama di depan hukum. “Terkait dengan penetapan status tersangka terhadap Basuki Tjahaja Purnama, PDI Perjuangan menjadikan peristiwa tersebut untuk menghormati proses hukum,” kata Megawati di kantor DPP PDIP, Jakarta, Kamis, 17 November 2016.

Rabu, 16 November 2016, Badan Reserse Kriminal Mabes Polri menetapkan Ahok sebagai tersangka dalam dugaan penistaan agama. Ahok resmi menjadi tersangka setelah proses gelar perkara yang dilakukan sehari sebelumnya.

Ahok pun menerima statusnya sebagai tersangka tersebut. Ia memastikan akan menghormati proses hukum. Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta menyatakan status tersangka Ahok tak menggugurkan pencalonannya sebagai gubernur.

Menurut Megawati, saat ini ada 101 pemilihan kepala daerah yang bermakna sama untuk partainya. “Indonesia tidak hanya di Jakarta,” kata dia. Ia meminta seluruh kadernya tetap tenang serta menjaga kondisi tetap aman dan damai dalam pilkada.

PDI Perjuangan, lanjutnya, menyiapkan calon terbaik di setiap daerah dan melalui sekolah partai untuk setiap calon kepala daerah. Ia meminta agar seluruh pengurus DPD agar mendapat arahan yang sama, bergerak satu arah, dengan semangat gotong royong dan menciptakan suasana politik yang aman,

Ia juga meminta kader PDI Perjuangan di seluruh Indonesia untuk tenang, menjaga diri dan mendukung terciptanya kondisi damai, yang akan menyelenggarakan pilkada. PDI Perjuangan akan meneruskan tugasnya membangun silaturahim dengan seluruh tokoh masyarakat.

“PDI Perjuangan juga mendukung penuh arah Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk menjalankan konstitusi untuk menjalankan negara. Pemerintah harus kokoh berdiri sesuai Pancasila. Mari kita secara bersama memberikan dukungan penuh untuk Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla, dalam bekerja semaksimal mungkin, dalam rangka menuju Indonesia Raya,” tegas Mega.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here