AKBP Brotoseno, Dari Anggota KPK, Angelina Sondakh dan Kini Tertangkap Tim Saber Pungli

0
1511
AKBP Brotoseno, Dari Anggota KPK, Angelina Sondakh dan Kini Tertangkap Tim Saber Pungli

Liputan1.com-AKBP Brotoseno, Dari Anggota KPK, Angelina Sondakh dan Kini Tertangkap Tim Saber Pungli

Bukan masalah kasus cetak sawah fitif, ternyata berita yang beredar, polisi yang saat ini bertugas sebagai penyidik  di Direktorat Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri ini  ditangkap Propam dan tim Saber Pungli Mabes Polri lantaran menerima suap dari pengacara DI berinisial HR yang memberikannya melalui LM.

Hal ini disampaikan Kepala Biro Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Rikwanto. Saat ditangkap, AKBP Brotoseno tak sendirian menerima suap. Brotoseno ditangkap setelah tim saber pungli bersama tim pengamanan internal menangkap D, perwira menengah yang juga bekerja di Direktorat Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri.

Sekilas mengenai AKPB Brotoseno dalam perjalanannya sebagai anggota KPK , Jalin asmara dengan Angelina Sondakh hingga ditangkap tim Saber Pungli

AKBP Brotoseno mulai dikenal luas publik setelah kasus asmaranya dengan Angelina Sondakh beredar di tengah kasus suap Wisma Atlet. Saat Angie menjadi tersangka, Brotoseno yang saat itu menjadi penyidik KPK telah dikembalikan ke Mabes Polri.

Kisah cinta Brotoseno dan Angie ini menjadi topik panas di kalangan internal KPK. KPK mengamini adanya hubungan asmara antara penyidik KPK dengan ibu satu anak itu. KPK sudah memeriksa Brotoseno dan tidak menemukan pelanggaran kode etik. Setelah menjadi buah bibir, Broto lantas ditarik ke Mabes Polri dari KPK khawatir ada conflict of interest dalam penyidikan kasus Wisma Atlet.

Angie semula menutup-nutupi hubungannya dengan Brotoseno. Namun, sejoli ini tidak mampu membendung gejolak asmara yang terus membara. Kebersamaan Angie dan Broto akhirnya terungkap publik. Angie yang kala itu menjadi anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrat itu tidak malu-malu lagi mengajak Brotoseno saat kunjungannya ke dapilnya di Wonosobo, Jawa Tengah pada Selasa 27 Desember 2011 lalu. Bahkan, foto-foto mesra kebersamaan mereka juga tersebar.

Asmara Brotoseno dan Angie mendapat batu ujian. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkan politisi Demokrat itu sebagai tersangka kasus dugaan suap Wisma Atlet. Meski Angie telah divonis MA 10 tahun bui ini, Brotoseno setia mendampinginya bahkan rela mengurus putra semata wayang Angie.

Brotoseno pernah menjadi penyidik KPK dan menangani kasus suap Wisma Atlet. Namun KPK memastikan, mantan personelnya yang kini dikembalikan ke Mabes Polri itu tidak turut menangani pemberkasan untuk Angie.

Juru Bicara KPK Johan Budi mengatakan Brotoseno pernah ikut menangkap Mindo Rosalina Manulang, Manager Marketing PT Duta Graha Indah, Mohammad El Idris, dan mantan Sekretaris Kemenpora, Wafid Muharram, pada 21 April 2011 di kantor Kemenpora.

Di akhir 2011 lalu, kisah asmara perempuan yang akrab disapa Angie ini dengan Kompol Raden Brotoseno terendus. Cinta bersemi di antara keduanya karena kerap berkomunikasi. Maklum, kala itu Angie adalah saksi dalam kasus proyek Wisma Atlet dengan terdakwa Nazaruddin.

Angie kini mulai terbuka soal hubungannya Broto.

Angelina Sondakh pernah mengajak kekasihnya Brotoseno mengunjungi pengungsian korban banjir bandang di Dusun Sidorejo, Desa Tieng, Kecamatan Kejajar, Wonosobo.

Namun, Brotoseno yang saat itu masih berpangkap Kompol enggan turun dan bertahan di dalam mobil Toyota Harier bernopol B 805 PRU warna hitam usai melihat wartawan di halaman pengungsian yang merupakan balai desa setempat, Selasa 28 Desember 2011.

Saat dikonfirmasi usai bercengkrama dengan anak-anak pengungsi tentang komentarnya bagaimana perasaan setelah kekasihnya R Brotoseno dipindah dari KPK ke Mabes Polri Anggie enggan berkomentar.

“Waduh! Saya nggak komentar yah kalau itu,” ucap Angie sambil tersenyum tersipu malu.

Sama halnya saat ditanya kenapa kekasihnya saat berkunjung memakai hem putih berbalut jaket hitam enggan untuk keluar dari mobil.

Anggie hanya membuang senyum kepada wartawan dan sejumlah pejabat DPC Partai Demokrat Wonosobo yang mendampingi kunjunganya yang secara mendadak itu.

“Mbak masnya kok nggak turun mobil?

“Di dalem” jawab Angie.

Saat Angelina Sondakh resmi ditetapkan sebagai tersangka baru kasus dugaan suap Wisma Atlet oleh KPK. KPK menjamin Kompol Brotoseno, mantan penyidik KPK yang sekarang menjadi pacar Angelina, tidak mengganggu kasus Putri Indonesia 2001 ini.

Justru selama Angelina Sondakh ditahan, anaknya, Keanu ternyata tinggal bersama Brotoseno.

Ternyata bukan perkara sulit bagi Brotoseno. Sebab, ia mengaku sudah terbiasa dengan anak-anak yang berada di lingkungannya.

“Ya kalau saya kebetulan tinggal sama Keanu. Walau banyak kekurangan, saya berusaha meng-handle kebutuhan Keanu. Di rumah saya banyak anak kecil kanan kirinya. Jadi Keanu juga sudah punya banyak teman,” ungkapnya usai menjenguk Angie di Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur, Rabu (8/10/2014).

Sementara dua anak Adjie Massaid yang selama ini tinggal bersama Angie, tinggal bersama Reza Artamevia. “Kedua anak, kakaknya Keanu tinggal sama Reza. Mereka kan perempuan sudah beranjak dewasa, jadi harus Angie mengembalikan ke Reza untuk diawasi,” kata Nasrullah.

Brotoseno enggan mengumbar asmaranya dengan Angie. Dia juga menolak berkomentar tentang isu nikah siri dengan Angie yang divonis MA 10 tahun itu.

Perwira menengah AKBP berinisial B yang ditangkap Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) dipastikan adalah AKBP Brotoseno. Brotoseno tertangkap tangan saat diduga memeras pihak berperkara.

“Benar,” kata Irwasum Polri Komjen Dwi Priyatno saat dikonfirmasi detikcom, Kamis (17/11/2016).

Tim Saber mengamankan uang sebesar Rp 3 miliar sebagai barang bukti dalam perkara ini. Polisi masih memeriksa Brotoseno secara intensif soal asal-usul dan maksud dari penerimaan uang tersebut.

“Masih proses pemeriksaan,” ujar Dwi.

Dwi membenarkan perkara terkait OTT iniadalah dugaan korupsi cetak sawah di Ketapang, Kalimantan Barat. Pemeriksaan intensif dilakukan untuk memastikan sangkaan pidana orang yang pernah dekat dengan Angelina Sondakh ini.

“Pemerasan kan masuk dalam Pungli ya,” ujar Dwi.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here