Gempa di Malang, Puluhan Rumah Porak Poranda

0
737
Gempa di Malang, Puluhan Rumah Porak Poranda

Liputan1.com-Gempa di Malang, Puluhan Rumah Porak Poranda

Gempa 6,2 skala richter yang berpusat di Malang merusak puluhan rumah warga. Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang hingga kini terus mengumpulkan informasi terhadap dampak gempa bumi tektonik di laut selatan Kabupaten Malang itu.

Data sementara menunjukkan, 29 rumah rusak akibat gempa tersebut, yaitu 8 rumah di Desa Tirtomarto, Kecamatan Ampelgading, 14 rumah di Desa Taman Kuncaran, Kecamatan Tirtoyudo, 1 rumah di Desa Clumprit, Kecamatan Pagelaran, 5 rumah di Desa Bumirejo, Kecamatan Dampit, dan 1 rumah di Desa Tanggung, Kecamatan Turen.

Dari data kerusakan sebanyak itu, tiga rumah dinyatakan rusak berat, sementara yang lain dinyatakan rusak sedang dan ringan.

“Rata-rata kerusakan pada atap rumah ambrol, dapur, tembok retak dan teras, serta pagar rumah rusak,” kata Kepala BPBD Kabupaten Malang, Hafi Lutfi, Kamis (17/11/2016).

Dia menyebutkan, data kerusakan rumah itu diprediksi masih akan bertambah. Sebab, tim di lapangan masih terus mengumpulkan informasi.

“Tim kami masih di lokasi karena lokasinya berjauhan,” ucapnya.

Sembari mengumpulkan informasi, tim di lapangan juga membawa bantuan bagi korban yang rumahnya rusak. Bantuan itu berupa kebutuhan dasar, seperti sembako dan alas tidur.

Gempa bumi tektonik berkekuatan 6,2 skala richter terjadi di laut selatan Jawa Timur, Rabu (16/11/2016) sekitar pukul 22.10 WIB. Gempa tersebut dipicu oleh aktivitas subduksi antara lempeng Indo Australia dan lempeng Eurasia. Meski demikian, gempa itu tidak berpotensi tsunami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here