Desmond J Mahesa Dilaporkan ke Bareskrim Terkait Penistaan Agama

0
738
Desmond J Mahesa Dilaporkan ke Bareskrim Terkait Penistaan Agama

 

Liputan1.com-Desmond J Mahesa Dilaporkan ke Bareskrim Terkait Penistaan Agama

Anggota Komisi III DPR RI ini dilaporkan ke Bareskriom Mabes Polri dengan tuduhan pasal yang sama. Bahkan pelapor menuding penistaan agama yang dilakukan politisi Partai Gerindra ini dianggap lebih parah karena menyarankan Ahok agar mendatangkan Nabi Muhammad SAW untuk menafsirkan Al Quran Surat Al Maidah:51.

Pernyataan keras ini disampaikan Desmond saat berbincang dalam acara talkshow di sebuah stasiun televisi. Karena pernyataan pedas itu, Aliansi Nasional 98 melaporkan Desmond dengan tuduhan Pasal 156 a KUHP jo Pasal 28 ayat 2 UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) ke Bareskrim Polri, Rabu (16/11).

“Setelah dianalisa secara hukum, pernyataan Desmond J Mahesa ini kami anggap lebih berbahaya dari pernyataan Pak Ahok karena ada dua unsur agama yang disinggung. Kalau mau lihat tepatnya (pernyataan Desmond) di I News ,” kata perwakilan Aliansi Nasional 98, Bambang usai melapor. Laporan Aliansi terdaftar dengan nomor LP/1146/XI/2016/Bareskrim tertanggal 16 November 2016.

Untuk mendukung laporannya, Bambang juga menyerahkan bukti pernyataan dalam rekaman video tayangan di televisi dan kutipan media massa cetak. Namun sayangnya, Bambang tak mau membocorkan pernyataan Desmond yang dianggap penistaan agama dan Nabi Muhammad tersebut.

“Saya enggak mau bacakan, karena sangat berbahaya. Nanti langsung liat aja. Menurut kami, itu sangat bertentangan dengan pasal 156 a sehingga kami masyarakat  enggak nyaman,” tandasnya.

Pihaknya menegaskan Desmond mengucapkan kalimat penistaan tersebut secara sangat sadar.  “Kami anggap ini sebuah kesengajaan. Lalu kami anggap dari hasil rakernas MUI ini dari poin 1 sampai 10 ada sekitar 8 poin yang dilanggar terlapor. Jadi sangat ngeri sekali,” ungkap Bambang.

Berdasar penelusuran, acara dialog di sebuah stasiun televisi itu menampilkan dua narasumber lain selain Desmond dan telah diunggah oleh di situs youtube. Pernyataan Desmond yang dianggap menistakan agama dan Nabi ini keluar pada video bagian keempat, menit ke 02-03.

Menurut Desmond, Ahok seharusnya menghadirkan Nabi Muhammad untuk menafsirkan Surat Al Maidah: 51 agar seluruh ummat Islam langsung percaya tanpa memprotes apalagi demonstrasi mendesak proses hukum. (Berikut link cuplikan pernyataan Desmond J Mahesa dalam acara dialog di televisi yang tersiar di youtube: https://www.youtube.com/watch?v=pYmN1V5I06Q)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here