Penjual Gudeg Tersohor Yu Djum Meninggal Dunia

0
966
Penjual Gudeg Tersohor Yu Djum Meninggal Dunia

Liputan1.com-Penjual Gudeg Tersohor Yu Djum Meninggal Dunia

Djuwariah Suwandi Darmo Suwarno atau yang sangat populer dengan panggilan Yu Djum Gudeg meninggal dunia, Senin (14/11/2016) pukul 18.30 WIB.

Yu Djum tutup usia setelah selama tiga hari mendapatkan perawatan medis di Rumah Sakit Bethesda Jogja, seperti dikutip dari Harianjogja.com

Rencananya jenazah akan dikebumikan di Astanalaya Karangmalang, Selasa (15/11/2016) pukul 14.00 WIB. Jenazah Yu Djum dikebumikan di samping tempat perstirahatan terakhir almarhum suaminya, Suwandi Darmo Suwarno, yang telah lebih dulu berpulang, yaitu pada 2012.

Yu Djum meninggal pada usia 87 tahun. Almarhumah meninggalkan tiga anak, 13 cucu dan delapan buyut.

Sabar Widodo, 65, adik kandung almarhumah menuturkan, Yu Djum selama ini sudah sering keluar masuk rumah sakit. Sebelum masuk rumah sakit yang terakhir hingga tutup usia ini, Yu Djum juga sempat masuk rumah sakit.

“40 Hari lalu kakak saya itu sudah masuk rumah sakit, kemudian kondisinya membaik dan diperbolehkan pulang. Jumat (11/11/2016) lalu kok kondisinya drop, terus masuk rumah sakit lagi hingga akhirnya meninggal ini. Jadi meninggalnya memang karena gerah sepuh,” ujar Sabar Widodo saat ditemui Harianjogja.com di rumah duka Dusun Karangasem Barek, Desa Catur Tunggal, Depok, Senin malam.

Seperti diketahui gudeg Yu Djum merupakan salah satu kuliner yang diburu wisatawan saat berkunjung ke Jogja.

Bisnis gudeg yang didirikan Yu Djum itu merupakan usaha gudeg tertua di Jogja. Kesuksesannya tidak lantas membuat Yu Djum hidup bermegah-megah. ”Beliau tetap sederhana,” katanya.

Selain itu, sosok Yu Djum juga peduli dengan para pegawainya. Bahkan, saat Yu Djum meninggal, seluruh pegawainya justru sedang berekreasi di Bandung.

“Seluruh karyawan sedang ke Bandung untuk rekreasi. Begitu diberitahu berita duka, mereka langsung kembali lagi ke Jogja,” ungkapnya.

Menantu Yu Djum, Tri Widodo menuturkan, ibu mertuanya sempat dirawat di Rumah Sakit Bethesda selama tiga hari. Namun, kondisinya sempat drop dan ditangani oleh dua dokter.

”Takdir berkata lain,” katanya seraya menambahkan,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here