Pantai Ponjuk Majapahit Sumenep Madura

0
908
Pantai Ponjuk Majapahit Sumenep Madura

Pantai Ponjuk Majapahit Sumenep Madura

Pantai Ponjuk Majapahit merupakan salah satu dari dua pantai yang indah di Pulau Talango yang berada di ujung Timur. Tempat ini berada di desa  Kombang Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Pantai Ponjuk Majapahit memiliki panorama sangat indah. disana kita akan disuguhkan dengan laut luas serta bongkahan batu-batu yang seperti bekas reruntuhan kerajaan. Karena batu yang berada di pantai ponjuk Majapahit ini tidak seperti batu biasa. Disebut karang bukan, karena bentuk batunya dan jenisnya bukanlah seperti batu karang. Tetapi sangatlah berbeda pula dengan batu-batu daratan pada umumnya.

Tekstur batunya seperti batu yang dipakai unntuk membangaun sebuah kerajaan. Makanya bongkahan batunya seperti bekas kerajaan. Tidak ada pasir di pantai ponjuk majapahit ini. Sepanjang pantainya dipenuhi oleh batu-batu besar.

“Berbeda dengan pantai lain kalau disini, meski menikmati pantai tapi kita tidak disuguhkan pemandangan pasir seperti yang lainnya, tapi batu yang serupa reruntuhan kerajaan,” jelas salah satu pengunjung yang bernama Ismail.

Pohon siwalan yang berjejeran di pinggir pantai. Dan juga hiasan tebing yang tidak terlalu tinggi. Menambhah eksotika pantai yang berada di ujung timur pulau Talango tersebut.

Dari atas tebing pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan yang eksotik. Hamparan laut luar serta pulau Gili Labak yang terlihat samar-samar. Apalgi menikmati pantai ponjuk majapahit saat sunrise semakin menambah nilai keindahan dan kecantikan  pantai panjuk majapahit.

Di pantai ponjuk majapahit ada peristirahata terakhir Ibu Koneng (Ratu Zahara) yang diyakini oleh masyarakat sekitar masih merupakan keturunan dari keluarga kerajaan keraton Sumenep. yang sebelah utara makam Roto Jimat. Pasalnya orang yang disebut rato jimat karena selama hidupnya memiliki banyak jimat. Sebenarnya satu lagi yang menjadi landaasana penamaan ponjuk majapahit. Di sekitar ponjuk timur ada peristirahatan panglima perang majapahit  Ky. Agung Abdurrahman Rm. Tirto Marboyo yang terletak di pintu masuk menuju pantai ponjuk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here