Gempa Bumi 7.5 Richter Guncang Selandia Baru

0
1100
Gempa Bumi 7.5 Richter Guncang Selandia Baru/foto istimewa

Liputan1.com-Gempa Bumi 7.5 Richter Guncang Selandia Baru pada hari Minggu (13/11/16) tengah malam waktu setempat. Menurut lembaga Survei Geologi AS, gempa tersebut berkekuatan 7,8 skala Richter. Pusat gempa dilaporkan terletak 95 km di sebelah timur laut kota Christchurch.

Menurut pejabat Selandia Baru seperti yang diberitakan oleh BBC, gelombang tsunami menerpa pantai timur Selandia baru sekitar dua jam setelah gempa bumi terjadi. Ia menambahkan kalau tsunami tersebut hanyalah permulaan dan gelombang tsunami susulan diprediksi akan kembali datang hingga beberapa jam ke depan.

Gempa bumi yang baru saja terjadi dilaporkan dirasakan di hampir seluruh Selandia Baru. Sejauh ini belum ada laporan mengenai korban jiwa akibat gempa. Namun sejumlah bangunan di kota Cheviot yang lokasinya dekat dengan pusat gempa diberitakan mengalami kerusakan.

Penduduk yang tinggal di sepanjang pesisir Selandia Baru dianjurkan untuk mengungsi ke tempat yang lebih tinggi untuk menghindari dampak tsunami. Hebatnya, di tengah situasi mencekam ini sejumlah warga Selandia Baru di media sosial menawarkan rumah mereka sebagai tempat tinggal sementara bagi mereka yang tempat tinggalnya berada di lokasi rawan tsunami.

Gempa bumi termasuk bencana alam yang kerap menimpa Selandia Baru. Lokasi Selandia Baru yang berada tepat di perbatasan lempeng Pasifik dan lempeng Australia membuat negara kepulauan tersebut rentan terkena gempa ketika terjadi pergerakan antar lempeng.

Surat kabar Herald mengatakan, getaran gempa terasa hingga keĀ Wellington, di mana terdengar suara sirene dan orang-orang melarikan diri dari gedung, beberapa dari mereka menangis.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here