Ini Cara Pemilihan Presiden Amerika Serikat

0
543
Ini Cara Pemilihan Presiden Amerika Serikat

Liputan1.com-Pemilihan presiden Amerika Serikat 2016 baru saja berakhir.

Donald Trump terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat ke -45, selamat!

Setelah merebut Pennsylvania dari Partai Demokrat, Donald Trump akhirnya memastikan menjadi Presiden ke-45 Amerika Serikat setelah kelima kalinya mencaplok negara bagian yang empat tahun lalu memilih kandidat partai Demokrat (Barack Obama) dengan memenangkan Wisconsin.

Setelah merebut 10 suara elektoral dari Wisconsin, maka calon presiden Amerika Serikat dari Partai Republik itu kini total sudah menguasai 276 suara elektoral atau kelebihan enam suara elektoral dari batas minimal 270 suara elektoral untuk bisa disebut pemenang Pemilu AS kali ini.  Sebaliknya lawannya calon presiden dari Partai Demokrat Hillary Clinton meraih 218 suara.

 Banyak yang mengira rakyat  Amerika Serikat memilih langsung presiden mereka. Ternyata tidak.

Seperti apa sistem Pilpres Amerika Serikat secara keseluruhan?

Pilpres Amerika Serikat memiliki sistem cukup rumit. Berbeda dengan Pilpres Indonesia, yang bisa memilih secara langsung kandidat calon presiden pilihan masing-masing warga negara dan bersifat one man one vote.

Dalam Pilpres Amerika, pemilih hanya bisa memilih anggota Dewan Perwakilan di negara bagian masing-masing.

Kemudian negara bagian akan mengirim perwakilan atau disebut dengan istilah elector ke lembaga bernama Electoral College.

Electoral College memiliki total 538 elector. Mereka terdiri dari 435 anggota Kongres, 100 Senator, dan 3 elector tambahan dari Distrik Columbia seperti dilansir The Independent.

Semakin banyak populasi sebuah negara bagian, maka semakin banyak jumlah elector yang bisa dikirim ke Electoral College.

Setiap elector harus memilih kandidat dengan suara terbanyak di negara bagian mereka.

Namun, ada kemungkinan elector memilih kandidat berbeda dengan pilihan masyarakat negara bagian. Ini karena masih ada 20 dari 50 negara bagian yang belum meluluskan undang-undang mengenai hal di atas.

Untuk memenangkan Pilpres Amerika Serikat, salah satu kandidat harus berhasil meraih minimal 270 suara dalam Electoral College.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here