Universitas Budi Luhur Gelar JPG Mountain Bike XC Open Championship 2016

0
922
Universitas Budi Luhur Gelar JPG Mountain Bike XC Open Championship 2016

Liputan1.com-Universitas Budi Luhur Gelar JPG Mountain Bike XC Open Championship 2016

Universitas Budi Luhur, sebagai yayasan pendidikan yang sudah 36 tahun berjalan di dunia pendidikan tinggi, kali ini bersama JPG Mountain Bike Community menunjukkan kepedulian dan dukungan terhadap dunia olahraga Indonesia dengan menyelenggarakan event Universitas Budi Luhur – Sinarmas Land – JPG MTB XC Open Championship 2016.

Arena balap akan berlangsung di tempat di sirkuit Taman Kota 2, BSD City. 12-13 November mendatang

universitas-budi-luhur-gelar-jpg-mountain-bike-xc-open-championship-2016-copy

“Universitas Budi Luhur berkomitmen untuk mendukung perkembangan olahraga nasional, khususnya di cabang balap sepeda gunung, dan berharap melalui kejuaraan ini mampu melahirkan bibit pembalap baru yang berkualitas dan mampu berprestasi di kancah nasional maupun internasional,” ungkap Kasih Hanggoro, MBA, Ketua Pengurus Yayasan Budi Luhur Cakti  dalam keterangan pers hari ini.

Pada kejuaraan ini Universitas Budi Luhur dan  JPG melakukan kerjasama dalam melakukan kegiatan dalam rangka ajang prestasi bagi para pecinta mountain bike khususnya XC (cross country) untuk menunjukan kemampuan para atlit serta mendukung dalam pembibitan serta pembinaan prestasi balap untuk para generasi muda. “Sudah ada tiga atlit sepeda gunung yang mendapat beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di UBL dan mereka selain berprestasi di kampus juga cukup berprestasi di kejuaraan-kejuaraan balap sepeda gunung yang mereka ikuti ” ujar Kasih Hanggoro.

Prof. Ir. Suryo Hapsoro Tri Utomo, Phd selaku Rektor UBL menambahkan “Universitas Budi Luhur –Sinarmas Land – JPG MTB XC Open Championship 2016 ini juga merupakan komitmen Universitas Budi Luhur dan JPG untuk terus memberikan yang terbaik kepada para atlet atas prestasi yang telah mereka raih, serta bentuk kepedulian untuk melahirkan bibit baru untuk terus beregenerasi, dan memberikan bentuk hiburan yang menyegarkan bagi masyarakat.”

Bentuk Apresiasi JPG terhadap Prestasi Pembalap MTB XC Indonesia

Pangeran Ilham Baron Ketua Komunitas JPG Mountain Bike Park dalam kesempatan yang sama menuturkan, “Kali ini kami ingin fokus pada prestasi para atlit serta penghobi di kancah balap MTB, sehingga kami juga akan mengakomodir para penghobi sepeda gunung dari dengan mengadakan kelas lomba Men Master Beginner untuk para penghobi yang belum pernah mengikuti perlombaan kejuaraan sepeda gunung sebelumnya, oleh karenanya JPG dan Universitas Budi Luhur terus bekerjasama dalam mewujudkan hal ini.

Selain hadiah uang tunai, para pembalap yang berhasil naik podium juga akan mendapatkan hadiah berupa produk dari para sponsor.  Selain itu, untuk event kali ini JPG akan mengapresiasi para atlit MTB khususnya cabang XC yang pernah berhasil meraih medali emas di ajang internasional Sea Games dengan  memberikan plakat beserta uang tunai yaitu kepada Ferry “Sonic” sebagai peraih emas sebanyak 2 kali untuk event MTB XCO Sea Games XIX 1997 di Jakarta dan XCO Sea Games XX 1999 di Brunei Darussalam serta Dadi Nurcahyadi sebagai peraih Medali Emas 1 kali di event MTB XCO Sea Games XXIII 2007 di Filipina.

Hal ini adalah sebagai bentuk penghargaan kami kepada mereka yang pernah berjuang untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.
Dan dengan hal ini pula membuktikan kesungguhan kami untuk selalu berfikir dan berkreasi untuk selalu bisa memberikan kontribusi terhadap olah raga sepeda gunung baik bagi pembalap atlit maupun penghobi olah raga sepeda gunung ini ini.”

Lebih dalam Ilham mengatakan, Track Taman Kota 2  sepanjang 3.3 km yang digunakan sebagai arena balap  dibuat oleh FLAGPEAK Racing System merupakan track Cross Country dengan kategori teknikal namun tidak melupakan hal yang utama yaitu safety untuk semua peserta, dimana rute dan karakter track telah disesuaikan dengan karakter sepeda tersebut. Diharapkan hal ini dapat menjadi penyegar bagi para pembalap dan penghobi sepeda gunung.

Lomba balap sepeda Cross Country kali ini memperebutkan hadiah dengan nilai total sebesar Rp 70 juta. Pada kejuaraan ini, yang akan diperlombakan adalah kelas: Men Elite, Women Elite/Open, Men Senior Open (19 – 30 tahun), Men Master Expert (31-50 tahun), Men Master A (31-42 tahun), Men Master B (43 tahun ke atas), Men Master Beginner (31 tahun ke atas), Men Junior (16-18 th), Men Pra Junior ( 15 tahun ke bawah), AM Men Master Open (31 tahun ke atas).

Komunitas JPG telah mengadakan lomba sejenis sebanyak 7 kali di trek Taman Kota (Tako) 2 BSD sejak tahun 2010 dan terakhir adalah event balap sepeda MTB di tahun 2015 dengan kerjasama yang baik dengan para sponsor baik sponsor utama dan sponsor pendukung lainnya.

Sebagai komunitas sepeda MTB tertua dan pertama di Indonesia kami menyadari bahwa acara ini akan sekaligus menjadi ajang silaturahmi penghobi MTB, sehingga kami berusaha memadukan berbagai acara agar semua yang hadir merasa nyaman. Transaksi parts MTB di Bursa Sepeda JPG, Bazar Makanan, serta tontonan balap MTB yang menarik serta tidak lupa door price  menarik kepada peserta dan penonton akan saling melengkapi dan akan membuat tempat ini seperti pesta rakyat karena pasti akan meriah dan mengundang massa untuk datang dan bergembira bersama.

Komunitas JPG MTB didirikan tahun 1995 oleh beberapa kelompok dan  individu pemain sepeda gunung atau sepeda offroad, dan disahkan pada tahun 2000 oleh kepengurusan pertama. Dan pada tahun 2004 komunitas ini mendapatkan prestasi yang luar biasa pada pada PON 2004 di Palembang cabang sepeda gunung  dengan menyumbangkan 1 Emas, 3 Perungggu untuk Provinsi Banten. Hasil Prestasi diraih berkat pembinaan dan program pelatihan yang rutin serta disiplin tinggi.

Menurut Pangeran Ilham Baron, komunitas JPG merupakan komunitas sepeda gunung tertua di Indonesia dan saat ini telah menjadi barometer sepeda gunung nomor cross-country di negeri tercinta ini. “Komunitas ini senantiasa mengembangkan nilai-nilai positif bagi kelompok atau individu, terutama dalam membina rasa persahabatan sesama pesepeda, baik professional ataupun amatir,” tambah Ilham.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here