Tim Satgas Saber Pungli Tangkap Direktur PT Pelindo III

0
889
Tim Satgas Saber Pungli Tangkap Direktur PT Pelindo III

Liputan1.com-Tim Satgas Saber Pungli Tangkap Direktur PT Pelindo III

Tim gabungan Satgas Sapu Bersih Pungli Mabes Polri, Polda Jatim, dan, Polres Pelabuhan Tanjung Perak, meringkus Rahmat Satria, Direktur Operasional dan Pengembangan Bisnis PT Pelindo (Pelabuhan Indonesia) III, bersama barang bukti uang Rp 600 juta dalam operasi tangkap tangan di Kantor Pelindo III, Selasa (1/11) siang.

Sebelum menangkap RS, tim gabungan sempat menggeledah ruang kerja RS di Jalan Tanjung Perak Timur, Surabaya. Dari ruangan RS, tim gabungan mengamankan uang tunai senilai Rp 600 juta dan sejumlah dokumen. “Disita Rp 600 juta. Tapi total uang yang diamankan dari kasus ini Rp 10 miliar,” kata Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya AKBP Takdir Matanette.

Sebelum melakukan penggeledahan dan OTT ini, Saber Pungli sejatinya sudah menangkap dan menahan sejumlah pelaku pungli di Pelindo III, pekan lalu. Salah satu yang ditangkap saat itu adalah Direktur PT Akara Multi Karya berinisial AH yang sedang meminta pungutan kepada importir.

Dari pengembangan kasus ini, Takdir menduga, aksi pungli tersebut berlangsung sejak beberapa tahun lalu.

“Pungli ini salah satunya yang menghambat dwelling time di Pelabuhan Tanjung Perak. Pelaku kini sudah ditahan,” tutur Kapolres.

Setelah membawa RS ke Mapolres Tanjung Perak, Satgas Saber Pungli kembali melakukan penggeledahan di Kantor PT Pelindo III. Selain barang bukti uang, dalam penggeledahan itu Satgas Saber Pungli juga mengamankan komputer (CPU) yang diduga berisi dokumen penting.

Satgas Saber Pungli memeriksa barang dan dokumen di ruang kerja Direktur Operasional dan Pengembangan Bisnis PT Pelindo III, Rahmat Satria, Selasa (1/11) siang.

Satgas Saber Pungli memeriksa barang dan dokumen di ruang kerja Direktur Operasional dan Pengembangan Bisnis PT Pelindo III, Rahmat Satria, Selasa (1/11) siang.

Manajer Humas PT Pelindo III, Edi Priyanto, dikonfirmasi mengatakan, pihaknya menghormati proses hukum yang sedang berjalan di kepolisian.

“Jika memang diperlukan, perusahaan siap mendampingi RS sesuai ketentuan hukum,” jelasnya.

RS menjabat Direktur Operasional dan Pengembangan Bisnis PT Pelindo III sejak 2014. Sebelumnya, dia pernah menduduki posisi Direktur Utama PT Terminal Petikemas Surabaya, salah satu anak perusahaan PT Pelindo III.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here