Pemprov DKI Jakarta Ajak Warga Berburu Tikus, Hadiah 20 Ribu per Ekornya

0
533
Pemprov DKI Jakarta Ajak Warga Berburu Tikus, Hadiah 20 Ribu per Ekornya

Pemprov DKI Jakarta Ajak Warga Berburu Tikus, Hadiah 20 Ribu per Ekornya

Perburuan tikus di Jakarta dimulai. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, merupakan inisiator di balik program basmi tikus ini. Melalui situs resmi Pemprov DKI Jakarta, berita jakarta.com, program ini sudah dimulai sejak Kamis (27/10) malam kemarin.

“Lurah dan camat saya memintanya agar menugaskan petugas PPSU dan petugas kebersihan untuk membasmi tikus. Kalo perlu akan saya berikan intensif satu tikus kita berikan insentif Rp 20 ribu. Tikus yang berhasil ditangkap bisa dijadikan pupuk setelah dikumpulkan,” kata Djarot dikutip dari jakarta.go.id.

Djarot beralasan, gerakan ini sangat penting mengingat banyaknya tikus berkeliaran dan berukuran sangat besar. “Sekarang tikusnya sama kucingnya gedean tikusnya sekarang. Kalah kucing-kucing,” ujarnya.

Beberapa pekan diwacanakan, tiba-tiba program ini sudah dicanangkan. Padahal belum jelas dinas mana bakal mengelola dan segala macam aturan mainnya. Termasuk asal dana dipakai untuk setiap lembaran uang Rp 20.000 dibagikan.

Namun, pada Jumat pekan lalu, Djarot katakan standar operasional prosedur (SOP) Gerakan Basmi Tikus segera selesai. Dia bahkan memastikan program ini bukan sebagai salah satu ajang kampanyenya.

Menurut Djarot, pihaknya berencana mengalokasikan dana khusus untuk kegiatan perburuan tikus. Untuk satu kecamatan, Pemprov DKI akan menggelontorkan Rp 20 juta meski anggaran tersebut belum dimasukan dalam APBD 2017. “Untuk satu kecamatan Rp 20 juta nanti kita evaluasi saja,” ungkapnya.

Selain menggunakan APBD, Djarot menambahkan, kegiatan berburu tikus juga akan melibatkan pihak swasta berkaitan dengan kesehatan. Menurut Djarot, pelibatan pihak swasta ini yaitu dengan menggunakan dana Corporate Social Responsibility (CSR).

Kendati demikian, rencana tersebut diakui Djarot masih perlu kajian dan evaluasi dari respon masyarakat. “Kalau ini bagus meriah akan kita teruskan dengan menggandeng beberapa perusahaan yang berkaitan dengan kebersihan lingkungan. Sama dengan CSR yang berkaitan dengan lingkungan,” terangnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here