Tiga Bahan Alami untuk Atasi Bau Mulut usai Konsumsi Bawang Putih

0
691

Liputan1.com-Tiga Bahan Alami untuk Atasi Bau Mulut usai Konsumsi Bawang Putih

Bawang Putih mampu menyedapkan makanan dan memiliki manfaat bagi kesehatan. Sayangnya, bawang putih juga saat dikonsumsi bikin bau mulut. Meski sudah minum dua gelas tetap saja aroma napas tetap bau bawang putih. Untungnya, peneliti sudah cari tahu makanan apa yang bisa ‘menghapus’ aroma tak sedap ini.

Penyebab nafas jadi bau karena makan bawang dipicu adanya kandungan volatile. Termasuk dalam golongan volatile ini adalah diallyl, disulfide, alil mercaptan, alil metal disulfide, dan alil methyl sulfide. Semua zat tersebut ketika bereaksi di dalam mulut akan memunculkan bau napas tidak sedap.

Sementara itu ada beberapa bahan alami tandingan yang mampu meredam bau mulut tidak sedap karena bawang. Di antaranya adalah apel, daun mint, dan daun selada. Sebuah studi menemukan mereka yang mengonsumsi apel dan selada usai makan bawang, konsentrasi volatile dalam mulut menurun sampai 50 persen. Untuk daun mint punya kemampuan yang lebih tinggi dari apel dan selada untuk meredam semua senyawa volatile.

Penerapannya sebaiknya tidak menjadikan bahan-bahan tersebut dalam bentuk jus. Ketiga bahan efektif menangkal volatile dengan mengunyahnya secara langsung. Jus apel dan jus mint sebenarnya masih bisa mengurangi volatile, namun tidak seefektif dibanding mengunyahnya langsung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here