Presiden Jokowi Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya

0
542

Liputan1.com-Presiden Jokowi Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Upacara dimulai sekira pukul 08.00 WIB, Sabtu (1/10/2016). Peserta upacara berasal dari berbagai kalangan, mulai dari TNI, Polri, Pelajar SMA, SMP dan SD.

Presiden Jokowi yang didampingi Wapres Jusuf Kalla tiba di tempat upacara sesaat sebelum upacara dimulai. Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara.

Hadir dalam upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPR Ade Komarudin dan jajaran pimpinan DPD. Beberapa menteri Kabinet Kerja juga turut hadir.

Selain itu, Panglima TNI, KSAD, KSAL dan KSAU juga Kapolri turut mengikuti upacara.

Ketua MPR Zulkifli Hasan membacakan teks Pancasila. Sedangkan Wakil Ketua DPD Farouk Muhammad membacakan UUD 1945. Ketua DPR Ade Komarudin membacakan ikrar yang berisi sumpah setia terhadap Pancasila.

Proses upacara kali ini diwarnai insiden tumbangnya 6 peserta karena pingsan. Terik panas matahari diduga menjadi penyebab kepingsanan. Mereka langsung diboyong petugas medis ke posko kesehatan yang terletak di belakang barisan.

Setelah itu, mereka mendapatkan pertolongan pertama baik itu dengan infus maupun diberikan minuman hangat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here