Komjen (Pol) Budi Gunawan Jadi Kepala BIN

0
510
Komjen (Pol) Budi Gunawan Jadi Kepala BIN

Liputan1.com-Komjen (Pol) Budi Gunawan Jadi Kepala BIN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjuk Komjen (Pol) Budi Gunawan sebagai Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) menggantikan Sutiyoso. Sehingga, posisi Wakapolri lowong.

Komjen Pol Sjafruddin mengaku siap jika ditugaskan sebagai Wakapolri pengganti Budi Gunawan.

“Tanya Kapolri. Karena urusan Wakapolri itu wewenang dia yang memutuskan,” kata Sjafruddin, Jumat (2/9/2016).

Namun, Sjafrudin menegaskan, siap menjalankan amanah itu jika Tito menunjuk dirinya.

“Saya siaplah,” ujar Syafruddin.

Sebagai salah satu personel Polri, dia harus siap jika ditunjuk menempati jabatan tertentu. Ia sendiri mengakui pada Kamis (1/9/2016) kemarin bertamu ke Istana Presiden. Namun, ia tidak mau memberi komentar perihal maksud kedatangannya itu.

Mantan ajudan Wakil Presiden Jusuf Kalla itu menegaskan, enggan melampaui wewenang Kapolri. Sjafruddin mengatakan, Kapolri sampai saat ini pun belum menggelar sidang dewan kepangkatan dan jabatan tinggi (Wanjakti) sebagai salah satu mekanisme internal untuk memilih siapa Wakil Kepala Polri pengganti Budi Gunawan.

Seperti diketahui, Menteri Sekretaris Negara Pratikno telah mengirim surat penunjukkan Budi Gunawan sebagai Kepala BIN ke DPR RI.

“Jadi, Kepala BIN diusulkan nama baru, yaitu Pak Budi Gunawan. Proses selanjutnya di DPR karena harus ada pertimbangan dari DPR,” ujar Pratikno seusai mengantar surat tersebut di Kompleks Parlemen Senayan.

Saat ini, Budi diketahui menjabat sebagai Wakil Kepala Polri. Sementara posisi Kepala BIN saat ini masih dijabat Sutiyoso.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen (Pol) Boy Rafli Amar mengatakan, belum ada pembahasan mengenai siapa yang menggantikan Budi dalam jabatan Wakapolri. Ia mengatakan hal itu akan dibahas seiring dengan kepastian proses Budi sebagai Kepala BIN di DPR RI.

“Kami tunggu saja dulu proses itu sampai Pak BG melewati proses pencalonannya. Ketika sudah ada kepastian resmi, mekanisme di internal kami ada Wanjakti untuk menentukan pejabat baru sebagai pengganti beliau,” ujar Boy.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here